oleh

Hari Ini, Menteri PUPR Resmikan Bundaran Inkindo

-Kota Palu-215 views

SULTENG POST – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Mohammad Basuki Hadimulyono akan meresmikan Bundaran Inkindo yang terletak di Jalan Cumi-Cumi Palu Barat.

Ketua DPP Inkindo Sulteng, Ir. Gufran Ahmad mengatakan, selain dihadiri Menteri PUPR, peresmian bundaran ini juga akan dihadiri Walikota Palu, Hidayat.

Gufran menyebut bahwa Bundaran Inkindo adalah mahakarya Inkindo Sulteng terhadap pembangunan di Kota Palu. Setidaknya, bundaran ini bisa menambah ikon Kota Palu untuk dijual ke wisatawan lokal maupun nasional.

“Ini adalah mahakarya kami,” sebutnya.

Dia menambahkan, Bundaran Inkindo juga dijadikan monumen bahwa Musyawarah Nasional Inkindo pernah diselenggarakan di Kota Kaledo.

“Karena baru kali ini Munas diselenggarakan di luar Pulau Jawa, makanya harus ada kesan menarik yang ditimbulkan dari perhelatan Munassus di Kota Palu. Peresmian bundaran ini adalah salah upaya menciptakan kesan berarti bagi pelaksanaan Munassus,” terang Wakil Ketua DPD Real Estate Indonesia Sulteng tersebut.

Baca Juga :   BKKBN Sosialisasi Perubahan Perilaku di Masa Pandemi Covid-19

Perlu diketahui, Musyawarah Nasional Khusus (Munassus) Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (Inkindo) adalah langkah untuk merevitalisasi usaha jasa konsultansi di Indonesia.

Munassus yang resmi dihelat mulai Selasa (18/10/2016) hingga Kamis (20/10/2016) di Best Western Hotel Palu ini, dihadiri 500 peserta yang merupakan perwakilan dari 34 provinsi di Indonesia, baik sebagai peserta penuh maupun peserta peninjau.

Penyelenggaraan Munassus membahas agenda tunggal untuk melakukan perubahan terhadap AD/ART Inkindo. AD/ART Inkindo. Hal ini menunjukkan betapa dinamisnya organisasi Inkindo dan begitu cepatnya perubahan – perubahan   eksternal  yang terjadi.

Munassus Inkindo 2016 mengambil tema “Revitalisasi Organisasi Inkindo Menghadapi Tantangan Dunia Usaha Jasa Konsultasi”, yang dibuka secara resmi oleh Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah, Longki Djanggola.

Baca Juga :   DJPb Sulteng Serahkan Dokumen DIPA ke Pemprov Sulteng

Ketua Umum Dewan Pengurus Nasional (DPN) Inkindo, Ir Nugroho Pudji Rahardjo mengatakan sesuai tema Munassus Inkindo 2016, Inkindo terus melakukan revitalisasi dalam menghadapi tantangan dunia usaha jasa konsultansi, khususnya dalam mendukung kebijakan pemerintah yang gencar melakukan pembangunan infrastruktur di satu sisi, dan di sisi lain Inkindo juga menghadapi tantangan eksternal berkaitan dengan era globalisasi dan khususnya dengan diterapkannya MEA sejak tahun ini.

“Dengan diberlakukannya MEA, maka akan menyebabkan semakin ketatnya persaingan usaha jasa konsultansi di dalam negeri dengan masuknya konsultan asing. Hal ini dapat dipahami, mengingat sekitar 60 persen lebih pasar jasa konstruksi ASEAN ada di Indonesia,” katanya pada jumpa pers, Selasa sore (18/10/2016).

Baca Juga :   November, NTP Sulteng 94,38

President FACE (Federation of ASEAN Consulting Engineers) ini juga mengatakan, dalam rangka menciptakan iklim usaha yang kondusif, Inkindo secara proaktif memberikan masukan dalam penyusunan regulasi baik di tingkat pusat maupun daerah. Misalnya dalam penyusunan revisi perpres, revisi permen PUPR, revisi UU jasa konstruksi, dan sebagainya. Bahkan, di tingkat internasional, juga terus berkiprah. GUS

Komentar

News Feed