oleh

Jangan Buang Sampah di Drainase

-Kota Palu-dibaca 857 kali

SULTENG POST –  Mengantisipasi tingginya intensitas air hujan yang sering mengakibatkan banjir di beberapa sudut Kota Palu, membuat Pemerintah Kelurahan Birobuli Utara, Kecamatan  Palu Selatan, mengimbau warga untuk tidak membuang sampah sembarangan apalagi sampai menghambat aliran air di drainase.

Lurah Birobuli Utara, Hendra Okto, mengatakan meskipun jarang terjadi banjir yang besar di wilayahnya namun dirinya meminta agar warga selalu menjaga kebersihan lingkungan dan mewaspadai ancaman bencana banjir tersebut.

“ Jangan nanti ada banjir baru kalang kabut. Saya minta warga untuk selalu menumbuhkan kesadaran agar tidak membuang sampah pada sembarangan tempat seperti drainase, karena selain berpotensi menimbulkan banjir juga dapat menjadi sarang penyakit seperti demam berdarah,“  ujarnya, Senin (17/10).

Baca Juga :   Naik 7,924 Persen, UMK Palu 2023 Rp3,073 Juta

Dirinya juga mengatakan upaya pencegahan banjir dapat diwujudkan dengan upaya penanggulangan masalah sampah secara gotong royong antar masyarakat dan pemerintah.

“ Sampah haruslah menjadi tanggung jawab seluruh lapisan masyarakat, mulailah dari hal kecil seperti membuang sampah pada tempatnya, jangan buang sampah pada selokan atau drainase ,” tukasnya.

Sebelumnya diberitakan, Wali Kota Hidayat minta warga Kota Palu, Sulawesi Tengah, memelihara drainase yang telah dibangun pemerintah daerah.

Hidayat mengatakan, ada banyak drainase yang tidak lagi berfungsi dengan baik karena sudah tertimbun berbagai sampah rumah tangga. Dimana hal itu menurutnya menjadi salah satu penyebab ketika hujan terjadi banjir.

“ Di masing-masing kelurahan ada gerobak atau bak sampah yang telah disiapkan untuk menampung sampah rumah tangga, tapi banyak warga yang kurang sadar sehingga membuang sampah tidak pada tempatnya dan ini yang menyebabkan drainase tersumbat dan ketika hujan mengguyur wilayah Palu, terjadi banjir dan sampah berserakan di jalan-jalan,” tuturnya.FDL

Komentar

News Feed