oleh

KOMITMEN TIDAK MEROKOK Dinkes Parmout akan Buat Perbup

SULTENG POST- Dinas Kesehatan (Dinkes) parigi Moutong (Parmout) sedang melakukan penyusunan legal draf Peraturan Bupati (Perbup) sebagai bentuk komitmen tidak merokok.

Hal itu dikemukakan Sekretaris Dinkes Parmout, Narlaela Harati yang ditemui di ruang kerjanya, belum lama ini.
Dia mengatakan, berdasarkan data PHBS Permout tahun 2013, terkait tidak merokok di dalam rumah masih terbilang sangat rendah yakni, baru mencapai 22,7 persen.

Untuk itu kata dia, pihaknya pada akhir tahun ini sedang melakukan penyusunan legal draf Perbup tentang tidak merokok di tempat umum yang diperkirakan rampung pada Desember 2014 ini.

“Sekarang kami sedang menyusun legal drafnya agar tahun 2015 sudah bisa diimplementasikan,” ujarnya.
Menurut dia, nantinya dengan adanya Perbup tersebut minimal disetiap SKPD yang ada, bagi perokok tidak diperbolehkan merokok dalam ruangan atau tempat umum.

Selain itu tuturnya, kedepan jika hal itu dapat disepakati bersama, kedepan ditahun 2015 pihaknya akan membuat raperda terkait tidak merokok tersebut sebagai penguatan dari Perbup yang akan dikeluarkan sebelumnya.

“Kedepan mungkin akan ada sanksi juga yang akan dikenakan bagi perokok yang tidak menaati aturan. Tetapi karena berkaitan dengan HAM, jelas harus lebih berhati-hati lagi,” kata dia.

Tetapi jika ada kesadaran tambahnya, sesungguhnya minimal yang harus dilakukan para perokok yakni, tidak merokok di dalam rumah atau luar ruangan. Untuk menghindari bahaya merokok bagi keluarga dan orang lain.
“Upaya ini juga kami lakukan guna menyukseskan program Kemkes yakni, komitmen tidak merokok,” tuturnya. OPPIE

Komentar

News Feed