oleh

KECAMATAN PALU SELATAN, Terapkan Program PATEN

-Kota Palu-dibaca 716 kali

SULTENG POST- Untuk meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat, Kecamatan Palu Selatan mulai menerapkan Program Pelayanan Administrasi Terpadu (PATEN). Hal tersebut di katakan Kepala Seksi (Kasi) Pemerintahan, Kecamatan Palu Selatan, Sabrin Lengkas kepada Sulteng Post, Senin (1/9).

“Sejak minggu lalu kita telah terapkan PATEN untuk wilayah Palu Selatan bersamaan dengan pencanangan program itu di Palu Barat” katanya.

Dia mengatakan, pelaksanaan PATEN di wilayah palu selatan sesuai petunjuk walikota yang tertuang dalam surat keputusan Walikota Palu no 100/786 tentang penyelenggaraan pelayanan administrasi terpadu di kecamatan.

Selanjutnya, Sabrin mengatakan saat ini pihaknya telah menerapkan pelayanan satu pintu dengan tiga loket pelayanan. Loket pertama khusus melayani warga yang ingin membuat kartu identitas diri seperti KTP. Sedangkan, loket dua melayani pengurusan surat-surat tanah, dan terakhir loket tiga melayani non perizinan, seperti rekomendasi izin pembangunan.

Baca Juga :   Polda Sulteng Sita Belasan Ribu Obat Ilegal, Satu Tersangka Dari Jakarta Diamankan

“Kalau soal pelayanan sebenarnya sama saja, tapi dengan adanya PATEN jalur birokrasi yang panjang dapat dipotong, sehingga membantu pemerintah mempercepat pelaksanaan pembangunan khususnya di Kota Palu,” jelasnya.

Pada prinsipnya, Sabrin mengatakan penerapan program PATEN bertujuan mewujudkan administrasi pemerintahan, pembangunan dan pembinaan masyarakat yang lebih baik.

“Terwujudnya pelayanan publik yang berkualitas menjadi salah satu ciri tata pemerintahan yang baik, dan kinerja pelayanan publik sangat besar pengaruhnya terhadap kualitas kehidupan masyarakat,” jelasnya.

Menurutnya, membangun sistem manajemen pelayanan publik yang handal merupakan keniscayaan bagi sebuah daerah yang ingin meningkatkan kesejahteraan warganya.

“Tidak mengherankan kalau perbaikan kualitas pelayanan publik menjadi salah satu alasan mengapa pemerintah mendesentralisasikan kewenangan penyelenggaraan pelayanan publik kepada daerah,” katanya. ROIN

Baca Juga :   BWA Cabang Palu Distribusi 50 Ribu Example Alquran

 

 

Komentar

News Feed