oleh

DISDUKCAPIL PALU 6.000 Blangko E-KTP Tersedia

-Kota Palu-dibaca 324 kali

SULTENG POST – Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Palu, Burhan Toampo mengatakan saat ini jumlah blangko KTP elektronik atau E – KTP yang tersedia mencapai 6.000 blangko.

“Soal pencetakan E-KTP belum ada kendala, karena ketersediaan blangko E-KTP saat ini mencapai 6.000,” kata Burhan saat dihubungi Sulteng Post, Selasa (6/9/2016).

Namun menurut Burhan, jumlah blangko tersebut tidak sebanding dengan jumlah warga yang telah melakukan perekaman yang mencapai kurang lebih 38.000 warga.

“Memang tidak cukup kalau dihitung dari jumlah warga yang telah melakukan perekaman E-KTP, karenanya kita selalau berkoordinasi kepada pusat untuk penyediaan blangko, seperti bulan lalu tersisa hanya 4.000, kita ajukan lagi ke pusat dan dapat tambahan blangko 2.000 pada awal September ini,” jelas Burhan.

Baca Juga :   Ketua KUKMI Minta Pemkot Palu Berpihak ke UKM

Terkait surat edaran Kemendagri soal batas akhir perekaman E-KTP, yakni 30 September 2016, kini Dinas Dukcapil Kota Palu gencar meningkatkan pelayanan perekaman E-KTP kepada warga.

“Mulai 1 September kita buka perekaman E-KTP di empat kecamatan hingga malam pukul 10.00 wita,” katanya.

Dengan dibukanya tempat perekaman di empat kecamatan selain di Dukcapil Kota Palu, Burhan berharap masyarakat yang belum melakukan perekaman untuk segera melakukan perekaman.

“Tinggal kesadaran masyarakat saja mau datang melakukan perekaman atau tidak. Apalagi saat ini E-KTP sangat penting dan harus dimilki warga yang telah berusia 17 keatas, karena semua pelayanan baik itu BPJS, urus surat nikah, pembuatan SIM, semuanya menggunakan E-KTP sebagat syarat utama,” jelas Burhan.

Baca Juga :   Wawali Reny Cek Pasokan Gas Oksigen di PT Tira Austenite

Dikatakan Burhan, perekaman ini sangat penting, karena pelayanan publik saat ini berbasis pada NIK (Nomor Induk Kependudukan) dan KTP elektronik.

“Selain itu, perekaman ini merupakan prosedur baku yang harus diikuti oleh penduduk untuk mendapatkan ketunggalan data. Bila penduduk masih memiliki data ganda, maka yang bersangkutan akan mengalami kesulitan dalam pelayanan publik,” ungkapnya.

Apalagi saat ini kata Burhan, pengurusan KTP Elektronik atau E-KTP di wilayah Kota Palu saat ini semakin dipermudah.

“Yang penting ada kartu keluarga, dan warga yang ingin membuat KTP elektronik bisa segera dilayani,” katanya.

Warga bisa langsung mendatangi Kantor Disdukcapil Kota Palu untuk melakukan pemotretan dan perekaman data lainnya.

Baca Juga :   Wagub Sulteng Pastikan Pelayanan Masyarakat Berjalan Baik

“Kalau syaratnya lengkap prosesnya juga cepat, dan yang utama adalah gratis,” katanya lagi.ROA

Komentar

News Feed