oleh

Sejahterakan Masyarakat Tamanjeka, Danrem Prioritaskan Perkebunan Merica

-Kab. Poso-dibaca 590 kali

SULTENG POST – Dusun Tamanjeka Kecamatan Poso Pesisir Kabupaten Poso, merupakan salah satu dusun yang berada dikaki Gunung Biru yang secara geografis posisinya diketinggian dengan udara yang sejuk dan pemandangan alam yang indah.

Mayoritas masyarakatnya adalah para pendatang dari Sulawesi Selatan (Sulsel) sehingga agama Islam menjadi mayoritas di dusun ini. Dari sumber penghasilan sehari-hari masyarakat mengandalkan hasil berkebun coklat yang diolah secara manual sehingga hasilnya kurang maksimal. Akibatnya masih banyak masyarakat di dusun ini yang hidupnya berada dibawah garis kemiskinan.

Dalam pelaksanaan Operasi Teritorial Sintuwu Maroso beberapa waktu yang lalu Dansatgaster yang juga merangkap Danrem 132/Tadulako Kolonel Inf Muhammad Saleh Mustafa telah berdiskusi dengan kepala dusun untuk menjadikan Tamanjeka sebagai pilot project perkebunan merica.

Baca Juga :   Sidang Kasus Penyerobotan Tanah, PT Poso Energy Tidak Bisa Hadirkan Saksi

Untuk itu, Danrem telah memerintahkan Dandim 1307/PS beserta jajarannya untuk mempersiapkan lahan dan bibit merica untuk program tersebut.

Sebagai tindaklanjut atas program tersebut, Sabtu (3/9/2016) Danrem 132/Tadulako Kolonel Muhammad Saleh Mustafa didampingi Dandim 1307/PS melakukan peninjauan ke lokasi perkebunan merica yang telah disiapkan oleh masyarakat tamanjeka dan Kodim 1307/PS.

Pada kesempatan tersebut juga Dandim memberikan bantuan karpet sejadah untuk mesjid yang ada di dusun tersebut melalui kepala dusun setempat.

Dalam silaturahimnya ke rumah Kepala Dusun Tamanjeka, Danrem kembali mengajak masyarakat untuk bersama-sama mencoba menjadikan perkebunan merica sebagai solusi untuk meningkatkan penghasilan masyarakat agar dapat hidup lebih sejahtera.

“Secara geografis dusun tamanjeka ini sangat cocok untuk bercocok tanam merica karena udaranya yang sejuk sehingga memudahkan tumbuhnya tanaman tersebut,” Kata Muhammad Saleh Mustafa dilokasi dusun tamanjeka.

Baca Juga :   Sidang Kasus Penyerobotan Tanah, PT Poso Energy Tidak Bisa Hadirkan Saksi

Sebagai pilot project, Danrem sangat berharap apabila program ini berhasil maka dapat membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat tamanjeka, dan selanjutnya atas perintah Pangdam VII/Wirabuana.

Maka perkebunan merica ini akan dikembangkan di daerah-daerah lain di wilayah Kodam VII/Wirabuana yang memiliki kondisi geografis yang sama dengan dusun tamanjeka. */YAT

Komentar

News Feed