oleh

Penyusunan RTBL Masuk Tahap Akhir

-Kab. Poso-125 views

SULTENG POST- Penyusunan Rencana Tata Bangunan dan Lingkungan (RTBL), kawasan pusat pemerintahan dan pelayanan Kecamatan Parigi dan kawasan perbatasan Kabupaten Parigi Moutong (Parmout) akhirnya memasuki tahap akhir.

Penyusunan RTBL tahap akhir itu telah diseminarkan di aula sebuah hotel di Parigi, Selasa (18/11).
Penyusunan RTBL kawasan pusat pemerintahan dan pelayanan Kecamatan Parigi dan kawasan perbatasan Kabupaten Parmout itu dilaksanakan selama kurang lebih delapan bulan.

Sekretaris Kabupaten Parmout H Ekka Pontoh dalam sambutannya di acara seminar itu mengatakan, laporan akhir penyusunan RTBL itu merupakan upaya pemerintah pusat dan daerah dalam rangka mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan.

Dia menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat dalam penyusunan RTBL itu. Menurutnya, penyusunan dokumen RTBL, selain sebagai pemenuhan aspek legal-formal, yaitu sebagai produk pengaturan pemanfaatan ruang serta penataan bangunan dan lingkungan pada kawasan terpilih, juga sebagai dokumen panduan pengendali pembangunan dalam penyelenggaraan penataan bangunan dan lingkungan kawasan terpilih.

“Hal ini juga dilakukan memenuhi kriteria perencanaan tata bangunan dan lingkungan yang berkelanjutan meliputi pemenuhan persyaratan tata bangunan dan lingkungan dan peningkatan kualitas hidup masyarakat melalui perbaikan kualitas lingkungan dan ruang publik sebagai perwujudan perlindungan lingkungan, serta peningkatan vitalitas ekonomi lingkungan,” ujarnya.

Dia mengatakan, RTBL mempunyai manfaat untuk mengarahkan jalannya pembangunan sejak dini.
Hal ini juga akan mewujudkan pemanfaatan ruang secara efektif, tepat guna, spesifik dan konkrit sesuai dengan rencana tata ruang wilayah, melengkapi peraturan daerah tentang bangunan gedung, mewujudkan kesatuan karakter dan meningkatkan kualitas bangunan gedung dan lingkungan, mengendalikan pertumbuhan fisik suatu kawasan, menjamin implementasi pembangunan agar sesuai dengan aspirasi dan kebutuhan masyarakat dalam pengembangan kawasan yang berkelanjutan, serta menjamin terpeliharanya hasil pembangunan pasca pelaksanaan, karena adanya rasa memiliki dari masyarakat terhadap semua hasil pembangunan.

Ekka Pontoh berharap kepada jasa konsultan yang terlibat dalam penyusunan RTBL tersebut menyampaikan paparan yang lengkap dan utuh mencakup keseluruhan materi dokumen RTBL pada dua kawasan, yaitu RTBL kawasan pusat pemerintahan dan pelayanan Kecamatan Parigi dan kawasan perbatasan Kabupaten Parmout.

“Saya berharap, bagian akhir dari penyusunan RTBL ini dapat mensinergikan seluruh perencanaan yang ada di suatu kawasan sehingga dapat mendukung dan memberikan kontribusi terhadap terwujudnya kota hijau yang berkelanjutan di Kabupaten Parigi Moutong,” katanya. SYAM

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed