oleh

Demokrat Dukung Pengetatan Caleg

-Politik-203 views

SULTENG POST – DPD Demokrat Sulawesi Tengah mendukung wacana pengetatan syarat calon legislatif seperti diwacanakan dalam Rancangan Undang-Undang Pemilu.

“Itu sangat bagus untuk penguatan partai. DPD Demokrat Sulteng mendukung wacana itu,” kata Sekretaris DPD Demokrat Sulawesi Tengah Arta Razak di sela-sela musyawarah cabang serentak, Senin (29/8/2016).

Dia mengatakan, wacana pengetatan syarat calon legislatif minimal aktif satu tahun di partai politik yang mengusungnya, sangat menguntungkan kelembagaan partai di Tanah Air.

Selama ini, akibat tidak adanya syarat yang mengatur secara ketat terhadap calon legislatif mengakibatkan lalu lintas calon terlalu terbuka.

Akibatnya, kata dia, banyak orang yang suka pindah partai politik agar bisa lolos menjadi calon legislatif setiap momentum pemilu.

Menurut Arta, karena bebasnya lalu lintas calon legislatif tersebut mengakibatkan kader-kader yang didorong menjadi calon anggota DPRD tidak memiliki ideologi partai yang kuat.

“Karena yang bersangkutan tidak melalui kaderisasi di partai politik. Hanya karena dia punya uang, lalu pindah partai dan mendaftar jadi calon legislatif. Dia terpilih tetapi tidak memiliki ideologis,” katanya.

Arta mengatakan, Demokrat sangat siap dengan wacana tersebut jika itu ditetapkan menjadi undang-undang pemilu.

Tanpa syarat itu pun kata dia, Demokrat sudah mempersiapkan kader-kadernya menjadi kader yang siap masuk di berbagai lini politik seperti kepala daerah dan legislatif.

“Musyawarah cabang serentak yang dilaksanakan hari ini adalah bagian dari itu. Kita menguatkan organisasi dan mempersiapkan kader yang ideologis,” katanya.

Menurut Arta, dengan cara tersebut nantinya tidak ada lagi kader asal-asalan yang bisa seenaknya pindah partai hanya karena mengincar calon legislatif belaka.

Calon legislatif seperti itu, kata dia, tidak memiliki kepekaan yang tinggi terhadap partai yang mengusungnya sehingga partai cenderung diabaikan. ANT

Komentar

News Feed