oleh

Anak Wajib Miliki KIA

SULTENG POST – Pemerintah Kota Palu melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) mulai tahun depan, akan mewajibkan setiap anak dari umur 0 sampai 16 tahun memiliki Kartu Identintas Anak (KIA).

“Tahun depan kita baru mewajibkan KIA tersebut di Kota Palu. Karena di seluruh Indonesia percobaan baru 50 kabupaten/kota dan salah satunya di Sulteng baru Kabupaten Buol,” jelas Burhan belum lama ini.

Burhan menjelaskan, Penerbitan KIA diperlukan agar anak yang berusia 0 hingga 17 tahun (kurang satu hari) memiliki dokumen kependudukan sehingga memudahkan anak dalam mengurus berbagai dokumen.

“KIA ini akan menjadi tanda pengenal atau bukti diri yang sah bagi anak saat melakukan pelayanan publik seperti saat mengurus paspor atau kalau mau ke puskemas,” kata Burhan.

Selama ini, untuk anak yang sudah sekolah identitasnya berupa kartu pelajar, namun bagi anak yang belum sekolah identitasnya hanyalah berupa akte yang beriskan untuk dibawa-bawa.

“KIA ini konsepnya sama, seperti kartu tanda penduduk yang memberikan identitas serta tercatat dalam kependudukan. KIA sebagai juga upaya untuk mendata penduduk sejak lahir sampai nanti waktunya anak-anak ini berkewajiban memiliki e-KTP,” ungkap Burhan.

Lebih jauh Burhan mengatakan, KIA merupakan perwujudan kesungguhan pemerintah dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik, khususnya bagi anak.

Melalui KIA, selain sebagai pengenal juga dapat menjadikan anak dapat mengakses pelayanan publik secara mandiri.

“Anak-anak nantinya bisa mendapatkan fasilitas potongan harga pada sektor pendidikan, kesehatan, olahraga, atau pariwisata menggunakan kartu ini,” tutup Burhan.TEN

Komentar

News Feed