oleh

Kelurahan Kayumalue Pajeko, Jadi Kawasan Konservasi Terumbu Karang

SULTENG POST – Sebagai bentuk kepedulian terhadap kehidupan laut di pesisir pantai, Kelurahan Kayumalue Pajeko, Kecamatan Palu Utara melaksanakan sosialisasi program rehabilitasi terumbu karang di Kantor Kelurahan Kayumalue Pajeko, Selasa (18/11).

Kegiatan yang dibuka Kepala Dinas Kelautan, Pertanian, dan Kehutanan (DKPP) Kota Palu, Muhlis Abdul Umar tersebut dihadiri puluhan masyarakat, pejabat kelurahan serta narasumber yang berasal dari kalangan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Kota Palu.

Lurah Kayumalue Pajeko Roy Topan Sanjaya mengatakan, berdasarkan data di Kementerian Lingkungan Hidup, kelurahan Kayumaluea Pajeko telah menjadi kawasan konservasi untuk terumbu karang di Kota Palu.

“Alhamdulillah kami berterimakasih kepada dinas kelautan Kota Palu atas program ini. Pada Desember nanti kami juga akan mendapatkan bantuan 55 unit fish home dari Dinas Kelautan Provinsi Sulteng,” katanya.

Dia menjelaskan, dalam program konservasi terumbu karang di pesisir pantai Kayumalue Pajeko itu, pihaknya juga melibatkan masyarakat setempat sebagai mitra kerja Dinas Kelautan Kota Palu dan para konsultan.

Kedepan kata Roy, pihaknya juga akan membentuk kelompok tani di wilayah kerjanya yang bertujuan untuk meningkatkan taraf kehidupan dan kesejahteraan para petani.

Sementara itu, perwakilan dari LSM Pemerhati Lingkungan Kota Palu, Liswan Rusman SE yang dipercayakan menjadi konsultan dalam rahabilitasi terumbu karang mengatakan, pihaknya juga akan terus mendampingi masyarakat setempat dalam mengembangkan dan melaksanakan program terumbu karang sebagai kawasan wisata dan sumber mata pencaharian penduduk setempat.

Menurutnya, kawasan pesisir pantai Kayumalue Pajeko sangat cocok ditanami terumbu karang. Hal tersebut dia kemukakan, setelah melakukan survey lokasi penanaman di pantai Kayumalue Pajeko. Selain itu kata Liswan, masyarakat dikelurahan juga telah melaksanakan program yang sama pada tahun-tahun sebelumnya.

“Kami berharap program ini akan membawa manfaat kepada masyarakat setempat. Selain sebagai kawasan wisata, terumbu karang ini juga nantinya akan membawa manfaat dalam jangka panjang. Pada tahun-than mendatang kita akan memiliki wisata pantau yang indah lewat terumbu karang kita yang tumbuh dengan baik,” kata Liswan yang juga pengusaha muda Kota Palu. SADLI

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed