oleh

Kembali Ukir Prestasi di Bidang Penelitian

SULTENG POST- Kementerian Riset, Teknologi  dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti), Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat,  baru-baru ini merilis sejumlah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) seluruh Indonesia, yang berhasil meningkatkan kinerja dalam bidang penelitian.

Universitas Alkhairaat, tercatat sebagai satu-satunya Perguruan Tinggi Swasta di Sulawesi Tengah yang mendapatkan penilaian kinerja terbaik dalam tiga tahun terakhir.

Prestasi Unisa dalam bidang penelitian ini tertuang dalam surat Kemenristek Dikti nomor 2331/DRPM/ TU/ 2016 melalui Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, yang ditandatangani oleh Direktur Riset dan Pengabdian Masyarakat Ocky Karna Radjasa, tanggal 18 Agustus 2016.

“Alhamdulillah kita naik kelas setelah sebelumnya masih berada pada cluster binaan, khusus di Sulawesi Tengah, Unisa satu-satunya Perguruan Tinggi Swasta yang mendapat nilai bagus dan naik kelas Madya,” Kata Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LP2M) Unisa Palu Dr I Aris Aksarah Pas MP, di ruang kerjanya, Senin (22/8/2016).

Baca Juga :   Implementasi Pendidikan Karakter, Peserta Didik SMPN 5 Palu Turut Berikan Bantuan Korban Bencana Sulbar

Doktor jebolan Institut Pertanian Bogor (IPB) ini mengatakan, hasil penilaian kinerja penelitian dilakukan setiap tiga tahun sekali oleh Kemenristek Dikti berdasarkan indikator capaian yang ditetapkan.

Dia mengatakan, prestasi ini tidak terlepas dari konstribusi para  dosen tetap yayasan Unisa dalam melakukan penelitian, khususnya dalam tiga tahun terakhir ini.

Aris mengatakan, prestasi ini diraih bukan secara kebetulan, melainkan melalui proses pengelolaan manajemen penelitian dan pengabdian yang baik juga menjadi salah satu indikator penilaian dari Kemenristek Dikti.

“Kami sudah melakukan tata kelola dengan baik menyusun Rencana Induk Pengembangan (RIP) jadi kalau saat ini kita sudah berada di cluster Madya, kita tidak kaget lagi,” ujarnya.

Baca Juga :   Disdikbud Palu Akan Salurkan Bantuan untuk Korban Bencana Sulbar

Untuk diketahui Kemenristek Dikti membagi empat kategori penilaian yakni, mandiri, utama, madya dan binaan.  Penilaian kinerja tahun 2016 menghasilkan 25 PT mandiri, 73 PT utama, 160 PT madya dan 1.219 binaan. Penilaian kinerja penelitian didasarkan 4 komponen dengan bobot yang berbeda yaitu sumber daya penelitian (30%), manajemen penelitian (20%), luaran penelitian (35%) dan revenue generating (15%). IWANLAKI/AMI

Komentar

News Feed