oleh

Kawal Pergerakan Koperasi, Dekopinwil Bangun Sinergi Dengan DPRD

SULTENG POST- Dewan Koperasi Indonesia Wilayah (Dekopinwil) Sulawesi Tengah (Sulteng) menggelar Rapat Konsolidasi Pimpinan Dekopinwil maupun Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda).

Kegiatan tersebut berlangsung selama tiga hari yang dimulai sejak 19 sampai dengan 21 Agustus 2016, di salah satu hotel di Palu.

Ketua Umum Dekopinwil Sulteng Abdul Malik Bram mengatakan bahwa tujuan terlaksananya kegiatan tersebut, beranjak dari adanya permasalahan-permasalahan yang ada di tubuh koperasi itu sendiri.

Pasalnya saat ini Koperasi-koperasi yang sudah ada harus dilakukan pembinaan, baik secara sistem, tata kelola administrasi, maupun person yang menjalankan koperasi itu sendiri.

“Kemarin waktu hari Kamis (18/8/2016) itu, kami sudah laksanakan kegiatan terhadap masalah-masalah yang ada di koperasi, khususnya di Dekopinwil maupun di Dekopinda. Jadi kami melaksanakan kegiatan ini untuk mengetahui masalah-masalah yang ada. Sehingga kami mengundang para pengelola koperasi untuk membicarakan hal-hal yang terkait dengan kebijakan koperasi yang selama ini masih kurang dipahami oleh beberapa unsur-unsur koperasi yang sudah berdiri,” kata Abdul Malik Bram kepada wartawan (21/8/2016).

Lanjut Malik Bram, dirinya selama kegiatan berlangsung, terus memberikan motivasi kepada seluruh peserta Rapat Konsolidasi Dekopinwil untuk mau bersemangat memajukan koperasi yang sudah ada.

Seperti contoh mempetakan antara Dekopinwil dengan Dinas Koperasi, dimana keduanya ini merupakan bagian dari koperasi itu sendiri, tetapi keduanya memiliki sistem pelaksanaan yang berbeda.

“Masih banyak gerakan koperasi (pengurus, pengelola maupun anggota koperasi) yang belum memahami peran dan fungsi Dewan Koperasi Indonesia. Mereka berpendapat bahwa Dekopin indentik dengan Dinas atau Kantor Koperasi, sehingga kita berikan pemahaman terkait dengan hal itu,” lanjutnya.

Sementara itu, anggota DPRD Kota Palu Muh. Rum sangat bersyukur bisa hadir sebagai pembicara pada Rapat Konsolidasi Pimpinan Dekopinwil tersebut, dirinya juga sangat mendukung terhadap kehadiran Koperasi di Kota Palu.

Pasalnya, sebagai lembaga gerakan koperasi yang otonom, maka Dekopinwil sudah menjadi pejuang terhadap cita-cita gerakan Koperasi yang ada di Indonesia khususnya di Sulteng, demi memajukan pertumbuhan ekonomi Sulteng.

“Mengenai dengan koperasi, berarti kita berbicara ekonomi, dan kebetulan saya merupakan Komisi B di DPRD Kota Palu yang membidangi ekonomi, sehingga saya berpikir kalau Dekopin ini adalah mitra Pemerintah maupun mitra saya untuk sama-sama mengawal pertumbuhan ekonomi, dengan cara memperbaiki sistem menjadi lebih bagus lagi, itu semua juga butuh dukungan dari masyarakat, pemerintah maupun kita sendiri di Dekopin, dan saya siap untuk mengawal pergerakan Dekopinwil demi sama-sama memajukan pertumbuhan ekonomi di Pada kesempatan tersebut. YAT

Komentar

News Feed