oleh

Fakultas Pertanian, Fokus Penelitian Tanaman Pangan

-Pendidikan-dibaca 387 kali

SULTENG POST- Dekan Fakultas Pertanian Universitas Alkhairaat (Unisa) Palu, Dr Ir Hj Hasmari Noer MSi telah mengeluarkan kebijakan untuk memfokuskan penelitian mahasiswa hanya pada tanaman pangan.

Hal tersebut bertujuan agar hasil penelitian mahasiswa Fakultas Pertanian lebih berkualitas dan terfokus pada tanaman pangan seperti tanaman Padi, Jagung, Kacang dan Bawang Merah. Sebab tanaman tersebut, telah menjadi tanaman unggulan masyarakat petani di Sulawesi Tengah.

Selama ini kata Hasmari Noer, penelitian mahasiswa Fakultas Pertanian masih belum terfokus, bahkan ada mahasiswa yang melakukan penelitian pada tanaman Tomat, kol dan sejumlah tanaman lainnya, namun hasil penelitian tersebut dianggap tidak berkualitas. Karena selain rentang waktu yang relatif singkat terkadang hanya satu bulan juga keaslian penelitian tersebut masih diragukan.

Baca Juga :   IKUTI PROGRAM MAGANG MANDIRI MBKM, Rektor Lepas 93 Mahasiswa Fapetkan

Namun, pascadikeluarkannya kebijakan tersebut, masih ada juga mahasiswa yang tetap memasukkan permohonan penelitian pada tanaman non pangan.

“Ya terpaksa dengan berat hati kita tolak itu, karena itu sudah menjadi keputusan kita, biar lebih berkualitas dan terfokus,” tuturnya pada Sulteng Post di ruangannya, Jumat (12/8/2016).

Sementara terkait wilayah penelitian, dekan pertanian ini memberikan kebebasan kepada setiap mahasiswa. “Terkait wilayah itu kita tidak tentukan, silahkan mahaiswanya yang mana yang mudah mereka jangkau, baik data primer maupun data skunderny,” tutupnya. AMI

Komentar

News Feed