oleh

Teluk Tomini, Surga yang Tenggelam

-Daerah-dibaca 830 kali

SULTENG POST – Teluk Tomini adalah teluk terbesar di Indonesia dengan luas kurang lebih 6 juta hektar dengan potensi sumberdaya alam yang kaya dan unik. Terdapat banyak pulau pulau yang indah di teluk ini.

Dari 90 pulau di Teluk Tomini, sebagian pulau berada di Provinsi Gorontalo, sebagian lainnya di provinsi Sulawesi tengah dan sebagiannya lagi di Provinsi Sulawesi Utara. Di tengah Teluk Tomini terdapat 56 pulau dan 1 buah gunung api yang masih aktif. Kepulauan Togean atau Togian Islands adalah kepulauan yang terdapat di Teluk Tomini sedangkan Gunung Colo di Pulau Una una adalah gunung api ditengah teluk ini.

Teluk ini bersinggungan berbatasan dengan tiga wilayah provinsi di Pulau Sulawesi, yaitu Propinsi Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara dan Gorontalo. Bappeda Sulteng mencatat bahwa teluk ini memiliki luas perairan kira-kira 59.500 Km persegi. Perairan Teluk Tomini di Provinsi Sulawesi  Tengah mempunyai panjang  garis pantai sekitar 1.179 km, sedangkan Provinsi Sulawesi Utara sepanjang 784,94 km; dan Provinsi Gorontalo sepanjang 436,52 km. Teluk yang dilewati garis khatulistiwa ini berada pada posisi yang strategis sebagai jantung segitiga terumbu karang dunia (heart of coral triangle).

Dengan topografi pantai bergelombang dengan material berlumpur, dengan jenis ekosistem mangrove, lamun, terumbu karang. Dominasi Ikan yang berada di teluk ini meliputi yellowfin tuna, cakalang, tongkol, layang, kembung, selar, tembang, lemuru, kakap, kerapu,napoleon wrasse,whale shark,paus,manta,lumba lumba,octopus,parot fish,mola mola,pari dan banyak muck dan kuwe. Sedangkan spesies endemic meliputi kera sulawesi (Macaca heki),penyu sisik, anoa, kima raksasa (Tridacna gigas), penyu, rangkong, elang laut, anoa (Bubalus depressicomis), babi rusa (Babyrouse babirussa), maleo (Macrocephalon maleo), kera mini (Tarsius spectrum), ikan purba raja laut (Coelacanth).

Sebagai jantung segitiga terumbu karang dunia (heart of coral triangle), Teluk Tomini bukan semata merupakan asset dari warga yang ada di Propinsi Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara dan Gorontalo, namun juga asset nasional bahkan dunia. Keberadaan terumbu karang dan hutan bakau yang terjaga; serta ekosistem daerah aliran sungai yang bermuara ke teluk terpelihara dengan baik, akan dapat membuat ikan dan biota laut lainnya berkembang, sehingga menjadi potensi yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar Teluk Tomini secara berkelanjutan. DIVINGSCHOOL

Komentar

News Feed