oleh

Pemerintah Donggala Genjot Produksi Beras

-Kab. Donggala-dibaca 413 kali

SULTENG POST – Pemerintah Kabupaten Donggala pada musim tanam (MT) 2016 ini akan mengenjot produktivitas dan produksi beras petani untuk mempertahankan diri sebagai salah satu lumbung beras di Provinsi Sulawesi Tengah.

Salah satu bentuk dari keseriusan Pemkab Donggala dalam rangka meningkatkan hasil panen petani, semua tenaga PPL (petugas penyuluh lapangan) di daerah itu diberi bantuan kendaraan operasional.

“Kami memberikan bantuan satu unit sepeda motor kepada PPL untuk memaksimalkan tugas-tugas mereka di lapangan,” kata Bupati Donggala, Kasman Lassa di Banawa, Senin.

Selain itu, petani juga terus didorong untuk menggunakan benih unggul dan pupuk yang berimbang sehingga hasil panen baik dari segi produktivitas maupun produksi bisa meningkat dari tahun-tahun sebelumnya.

Baca Juga :   Bulog: Pasar Murah di Donggala Dapat Animo Tinggi Masyarakat

Pemkab Donggala juga memperluas percetakan sawah di wilayah-wilayah yang potensial untuk pengembangan tanaman pertanian khususnya padi sawah.

Kabupten Donggala sejak lama telah memenuhi sendiri kebutuhan konsumsi masyarakat dari hasil produksi petani di daerah itu.

“Kita sudah lama menjadi salah satu daerah penghasil beras terbesar di Sulteng,” katanya.

Karena itu, Pemkab Donggala terus berupaya untuk mempertahankan diri sebagi daerah produsen beras di Provinsi Sulteng.

Luas areal lahan tanam padi sawah di Kabupaten Donggala saat ini sekitar 12.750 hektare dengan luas panen 8.607 hektare dan produksi gabah kering giling (GKG) mencapai 44.000 ton.

Bupati Kasman juga mengatakan daerahnya menyediakan 10 persen dari hasil panen beras di Kabupaten Donggala untuk mendukung kegiatan pengadaan beras stok nasional yang dilakukan Perum Bulog Sulteng.

Baca Juga :   Warga Minta Pemda Donggala Benahi Infrastruktur Pascabencana

“Kami siap menjual 10 persen dari hasil panen petani kepada Bulog Sulteng,” katanya. ANT

Komentar

News Feed