oleh

DINKES PARMOUT IKUT BERPARTISIPASI Pecahkan Rekor Muri Tidak Merokok

SULTENG POST- Sebagai bentuk komitmen untuk tidak merokok, Dinas Kesehatan (Dinkes) Parigi Moutong (Parmout) membuat cap tangan di atas spanduk putih berukuran kurang lebih 10 meter.

Kegiatan tersebut juga dilakukan untuk ikut berpartisipasi dan membantu Kementerian Kesehatan untuk meraih rekor Muri.
“Ini imbauan dari Menteri Kesehatan, dimana seluruh kabupaten/kota di Indonesia diminta untuk membuat langkah tentang komitmen tidak merokok, yang diharapkan bisa memecahkan rekor Muri,” ujar Sekretaris Dinas Kesehatan Parmout, Nurlaela Harate yang ditemui Sulteng Post disela-sela kegiatan, Minggu (16/11).

Dia mengatakan, kegiatan tersebut sesungguhnya merupakan rangkaian Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 50 yang dilaksanakan beberapa waktu lalu. Berdasarkan petunjuk teknis dalam surat edaran pihak Kementerian Kesehatan, kegiatan membuat cap tangan dilaksanakan pada 16 November, yang melibatkan minimal 100 orang.

Baca Juga :   Mobilitas Orang di Sulteng Capai 40 Persen, Ketatkan Kembali 3M

Menurut dia, untuk pihaknya sendiri hanya melibatkan staf dan karyawan di Dinas Kesehatan Parmout, tiga puskesmas terdekat yakni, Parigi, Pangi dan Lompentodea serta sejumlah masyarakat disekitar kantor di Desa Bambalomo Kecamatan Parigi.
“Datanya diterima paling lambat di provinsi jam 10.00 WITA, kemudian akan dikirimkan lagi kepada pihak Kementerian Kesehatan untuk ditetapkan apakah bisa memecahkan rekor Muri,” ujarnya.

Senada dengan itu, Kabid Promkes, Mohsen mengatakan, sebelumnya untuk memeriahkan HKN tersebut, pihaknya juga ikut berpartisipasi dalam sejumlah kegiatan yang dilaksanakan di Provinsi Sulteng.

Bahkan, pada lomba reproduksi remaja, Kabupaten Parmout menjadi dutanya.
Selain itu, kegiatan cap tangan pada spanduk tersebut, tambahnya, pihaknya juga melaksanakan sunatan massal yang melibatkan sekita 50 orang warga, khususnya di Desa Bambalemo.

Baca Juga :   Jelang Lebaran, Nur Rahmatu Berbagi Sembako

“Kami harapkan apa yang dilakukan dapat memberikan kontribusi dalam pencapaian rekor Muri. Serta membantu masyarakat untuk mengurangi merkok karena lebih baik mencegah daripada mengobati,” tuturnya. OPPIE

Komentar

News Feed