oleh

Ada Pedagang Nakal, Harga Bawang Naik

-Ekonomi-234 views

SULTENG POST – Naiknya kembali harga komoditas bawang merah dan bawah putih di pasaran Kota Palu dalam beberapa hari terakhir ini diduga kuat akibat ulah para pedagang yang mencari keuntungan lebih besar.

“Saya juga heran kenapa harga bawang naik, sementara stoknya cukup banyak,” kata Kepala Seksi Usaha dan Sarana Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulawesi Tengah, Rudi Zulkarnain di Palu, Minggu.
Ia mensinyalir pedagang sengaja menaikan harga dan beralasan harga di tingkat petani naik. Kemungkinan besar pedagang besar sengaja mempermainkan harga agar harga kebutuhan masyarakat itu di pasaran naik.

Masalahnya, kata dia, stok bawang merah dan bawang putih banyak beredar di pasar-pasar tradisional. Lagi pula, informasi dari petani di Kabupaten Sigi dan Poso, harga bawang merah di tingkat produsen tidak naik.

Baca Juga :   Audiensi dengan Wawali, Bulog Kenalkan Beras Bervitamin Fortivit

“Ini berarti pedagang sendiri yang melakukan spekulasi menaikan harga secara sepihak untuk mendapatkan keuntungan lebih besar,” katanya.

Rudi mengatakan bahwa sebelum Idul Fitri 2016, harga bawang mengalami kenaikan sehingga Bulog harus melakukan intervensi pasar dengan menggelar operasi pasar menjual bawang dengan harga murah.

Saat itu harga bawang merah di pasaran melonjak hingga mencapai Rp50.000/kg dan ketika ada operasi pasar yang dilakukan Bulog dengan menjual bawang merah murah seharga Rp25.000/kg, akhirnya harga komoditi pertanian itu berangsur-angsur turun mendekti harga normal.

Harga normal bawang merah seharusnya Rp25.000/kg, namun kini setelah harga bawang kembali naik hingga mencapai Rp60.000/kg dan bawang putih Rp58.000/kg.

Kenaikan harga tersebut cukup meresahkan masyarakat sehingga perlu dilakukan kembali intervensi pasar seperti yang telah dilakukan pemerintah bersama dengan Bulog menggelar operasi pasar.

Baca Juga :   AHM Hadirkan Pilihan Warna Baru New Honda Vario 125

“Kita tunggu saja apa langkah dari pemerintah melihat gejolak harga bawang di pasaran yang semakin membuat ibu rumah tangga mulai gelisah dan resah,” kata Rudi. ANT

Komentar

News Feed