oleh

DPRD Banggai Setuju Pemekaran Kota Luwuk

SULTENG POST – Ketua Komisi II DPRD Banggai, Oskar R Paudi mengatakan bahwa dirinya sepakat dengan wacana yang berkembang luas dimasyarakat saat ini yakni pemekaran Kota Luwuk.

Menurut politisi PAN ini, Kabupaten Banggai yang memiliki luas hampir menyamai Provinsi Gorontalo harus melakukan pemekaran

“Provinsi Gorontalo memiliki enam Kabupaten/Kota, Paling tidak Kabupaten Banggai bisa dimekarkan menjadi jadi tiga kabupaten,” katanya yang ditemui di Palu belum lama ini.

Oskar menyebut bahwa Kabupaten Banggai yang saat ini memiliki 23 kecamatan bisa dibentuk menjadi tiga Daerah Otonomi Baru (DOB) yakni  Kota Luwuk, Kabupaten Tompotika dan Kabupaten Batui Toili.

“Jika hal itu bisa diwujudkan, maka pembangunan  dan sumber daya manusia Kabupaten Banggai bisa terdistribusi dengan baik,” ujarnya.

Dia menegaskan bahwa saat ini, sudah saatnya pemekaran itu dilakukan. Untuk mewujudkan hal itu, masyarakat telah melakukan segenap upaya untuk merealisasikannya seperti menyiapkan semua persyaratan yang dibutuhkan serta melakukan kajian akademik.

“Mudah-mudahan secepatnya bisa terselesaikan, kalau Sultim sudah jadi provinsi mau tidak mau Kota Luwuk itu harus dimekarkan,” ujar ketua DPW PAN Sulteng ini.

“Bahkan Tompotika sudah kita Paripurnakan di DPRD,” ujarnya melanjutkan.

Oskar menyebut bahwa wilayah adminstratif Kota luwuk meliputi sejumlah kecamatan seperti Kecamatan Luwuk, Luwuk Timur, Luwuk Selatan, Luwuk Utara, Nambo dan Kintom. WAN

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed