oleh

La Nina Diprediksi Hingga Akhir Tahun

SULTENG POST- Musim basah atau La Nina untuk wilayah Sulawesi Tengah (Sulteng) diprediksi akan berlangsung hingga akhir tahun ini. Kondisi ini melihat cuaca yang bergerak diwilayah Sulteng masih menunjukan intensitas yang cukup tinggi, dan berpotensi untuk menciptakan cuaca hujan ringan hingga intensitas hujan sedang maupun lebat.

Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Sulteng, Warjono mengatakan sampai dengan saat ini intensitas hujan yang terjadi di Sulteng masih didominasi oleh pergerakan hujan diarah barat, meliputi wilayah Toli-toli, Parimo, Donggala serta di sekitar selat Makassar. Pergerakan hujan diwilayah itu akan berlangsung hingga akhir bulan ini.

“Kemungkinan sekitar tanggal 28 dan 29 akhir bulan Juli, hujan akan bergerak kearah timur, meliputi Banggai dan wilayah sekitarnya,” katanya saat dihubungi Sulteng Post, Senin (25/7)

Untuk Kota Palu sendiri, Warjono menjelaskan intensitas hujan yang berpotensi terjadi pada waktu siang menjelang sore hari, dan juga pada saat malam menjelang dini hari. Untuk waktu siang menjelang sore hari, intensitas hujan yang berpotensi terjadi hujan ringan hingga sedang. Sedangkan untuk waktu malam menjelang dini hari, berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat.

“Ini terjadi karena pergerakan awan diwilayah Kota Palu berfluktuasi, dan waktu-waktu itu sangat berpotensi terjadinya hujan diwilayah Kota Palu,” katanya

Untuk kondisi ini, BMKG Sulteng selama 24 jam siaga untuk memberikan informasi kepada maskapai penerbangan, dan juga pengawas lalu lintas penerbangan untuk memberikan informasi kepada maskapai. Hal itu dilakukan agar informasi cuaca yang diterima oleh pengawas maupun maskapai selalu update dan juga akan membantu dalam penerbangan.

“Setiap setengah jam kami selalu memperbarui informasi dan memberikan data informasi cuaca tersebut kepada menara pengawas. Untuk maskapai pun kami berikan jika maskapai membutuhkan informasi tersebut,” jelasnya. RIU

Komentar

News Feed