oleh

PK Lahan Lebo Ditolak, Bupati Parmout Mengaku Belum Tahu

SULTENG POST – Bupati Parmout, Samsurizal Tombolotutu mengaku belum mendengar kabar terkait adanya putusan penolakan terhadap pengajuan Peninjauan Kembali (PK) dari Mahkamah Agung (MA), yang sebelumnya diajukan Pemkab Parmout sekitar setahun yang lalu.

Dia malah mengaku, memang telah mengajukan PK terkait kepemilikan lahan kantor TNI AL dan Polairud yang terletak di Desa Lebo Kecamatan Parigi, pasca kekalahan Pemkab Parmout dari pihak penggugat.

“Saya belum dengar kabar tentang penolakan PK itu. Memang tahun lalu kami sempat mengajukan PK terhadap lahan yang disengketakan. Ini saya belum dengar perkembangannya bagaimana sekarang,” terang Bupati di ruang kerjanya, belum lama ini.

Sebab, dengan PK yang diajukan, secara keseluruhan prosesnya ditangani oleh pihak Bagian Hukum dan Perundang-undangan (Kumdang) Setda Parmout. Bahkan, hingga saat ini dirinya juga belum menerima laporan dari Bagian Kumdang.

Saat ditanyakan apakah langkah yang diambil Pemkab pasca penolakan PK? Dirinya belum bisa memberikan komentar banyak. Sebab, masih akan melakukan konsolidasi kembali dengan pihak Kumdang.

“Belum bisa mengambil langkah apa-apa untuk sekarang. Saya menunggu bagaimana hasil dari pihak Kumdang terlebih dahulu, tentang langkah apalagi yang akan mereka lakukan pasca penolakan PK,” kata dia.

Sebelumnya, kurang lebih sebulan yang lalu, MA telah mengeluarkan putusan penolakan terhadap PK yang diajukan Pemkab Parmout terkait kepemilikan sah lahan yang terletak di Desa Lebo yang digugat pihak Peter Lucky Awaloi, sekaligus menegaskan kepemilikan sah lahan tersebut.

Lampiran putusan dimasukkan ke PN Parigi untuk kemudian ditindaklanjuti surat pemberitahuan ke pihak penggugat. Apakah bangunan diatas lahan yang disengketakan tersebut akan segera dieksekusi atau tidak, Humas PN Parigi, Jayadin Husain, mengatakan hal tersebut sepenuhnya tergantung pihak Peter Lucky.

“Bila pihak Peter Lucky selaku pemilik sah lahan mengajukan permohonan eksekusi, maka mau tidak mau kami akan menindaklanjutinya. Namun itu sepenuhnya tergantung dari pihak pemilik,” kata dia.OPI

Komentar

News Feed