oleh

Tiga Dosen Unisa Diundang Jepang Jadi Pembicara di Forum Internasional

-Pendidikan-dibaca 562 kali
SR Ads

SULTENG POST-  Universitas Alkhairaat (Unisa) Palu telah membuktikan dirinya di tengah persaingan ketat antarperguruan tinggi negeri maupun swasta di Sulawesi Tengah. Unisa Palu saat ini bukan lagi sebagai penonton, namun telah tampil sebagai pelaku.

Kemarin, Jumat (15/7), Rektor Unisa Palu Dr H Hamdan Rampadio melepas tiga dosen Unisa Palu untuk berangkat ke Hokkaido Jepang mengikuti seminar internasional.  Dua diantaranya akan mempresentasikan hasil riset akademisnya, sementara yang satunya adalah sebagai partisipan dan peninjau.

Kedua dosen yang akan tampil tersebut adalah Dr. Ir Aris Aksarah Pas, MP dengan judul riset Ideatification By Using Molecular Methods Based Of 16s Rrna Gene Of Consortium Microbes Of Phyllosphere And Rhizosphare Which Effective On Rice sementara Dr Misriyani, M. Sc  dengan judul riset  Synthesis of Ti02 Nanotube at Different Anodizing Time and Annealing Temperature Application For Corrosion Prevention Of Stainless Steel 304.

Baca Juga :   SD Gamaliel Palu Borong Medali Kompetisi Bulu Tangkis Tingkat Kota

Keduanya mendapatkan kesempatan tampil mempresentasikan hasil risetnya di hadapan seluruh peneliti sejumlah negara di dunia setelah melewati proses penyaringan yang begitu sulit. Untuk di Indonesia hanya dua perguruan tinggi yang berhasil mengirimkan dosennya yakni ITS Surabaya dan Unisa Palu.

Ini merupakan hal yang istimewa, mengingat selama ini jika ada forum internasional seperti itu kebanyakan didominasi dan hanya diikuti serta dimenangkan oleh perguruan tinggi negeri. Namun kali ini malah kedua-duanya adalah perguruan tinggi swasta.

Dengan tampilnya kedua dosen Unisa tersebut di Forum Internasional yang tentunya bukan hanya sebagai pendengar di forum tersebut, namun tampil sebagai pembicara, hal ini dapat menjawab keraguan orang tertentu atas kualitas Unisa Palu.

Baca Juga :   Tiga Mahasiswa Fakultas Teknik Unismuh Palu Terima Beasiswa dari Bhinneka Global

Mereka akan berada di Jepang selama empat hari, 19-21 Juli mereka berada di Sapporo Hokkaido Jepang dan 22 Juli akan berada di Vittrin Lavender Jepang.

Rektor Unisa Palu Hamdan Rampadio dalam pesannya sebelum melepas ketiga dosen tersebut, agar mereka dapat tampil dengan baik dan mempersiapkan segala hal, agar dapat menjawab segala pertanyaan peserta jika nantinya mereka mendapatkan pertanyaan, tidak hanya fokus pada materi yang mereka bawakan, bisa saja melebar terutama terkait isu lingkungan, mengingat materi Dr. Ir Aris Aksarah Pas, MP agak menyinggung masalah lingkungan, sehingga perlu persiapan yang lebih.

“Harus dapat tampil sempurna serta dapat memberikan jawaban sesuai pertanyaan peserta, jika nantinya mendapatkan pertanyaan, sehingga sejak dini harus mempersiapkan kemungkinan-kemungkinan itu,”pesan Hamdan Rampadio.

Baca Juga :   Tiga Mahasiswa Fakultas Teknik Unismuh Palu Terima Beasiswa dari Bhinneka Global

Lanjut Hamdan, berangkatnya kedua dosen tersebut ke Jepang untuk tampil di forum internasional dapat diharapkan menjadi motivasi tersendiri bagi seluruh dosen yang ada di Unisa untuk terus dapat mengembangkan dirinya. Sehingga apa yang didapatkan oleh kedua dosen tersebut juga dapat menular ke seluruh dosen yang ada.

“Diharapkan yang lain dapat menyusul, jangan hanya sampai di sini, namun akan terus ada yang berangkat dan tampil di forum-forum internasional lainnya,”harap Hamdan. AMI

Komentar

News Feed