oleh

BANTU PETANI , Pemkab Parmout Bagikan Handtraktor

SULTENG POST- Guna meningkatkan hasil produksi padi di Kabupaten Parigi Moutong (Parmout), pemkab setempat dalam waktu dekat memberikan bantuan kepada sejumlah kelompok tani berupa handtraktor dan mesin perontok padi.

Kepala Bappeda Parmout, Hamka Lagala mengatakan, bantuan yang akan diberikan terdiri dari 15 unit handtraktor dan 18 unit mesin perontok padi dari Kementerian PDT yang diusulkan oleh Dinas Pertanian Parmout, serta difasilitasi oleh Bappeda Parmout.

“Bantuan ini akan diberikan kepada sejumlah kelompok tani aktif sesuai data dari Dinas Pertanian dalam rangka percepatan pertumbuhan ekonomi dan peningkatan produksi petani,” ujar Hamka Lagala yang dihubungi, Kamis (13/11).
Menurut dia, dalam pemberian bantuan itu, pihak Dinas Pertanian didampingi oleh Bappeda agar diketahui bersama apakah kelompok tani calon penerima bantuan benar ada atau tidak.

Baca Juga :   Jelang Lebaran, Nur Rahmatu Berbagi Sembako

Kemudian dilihat, apa persoalan atau kendala yang dialami oleh petani. Apakah bermasalah dalam hal peningkatan hasil produksi pertanian, pengelolaan lambat atau panen lambat.

“Tinggal dilihat, bantuan apa kira-kira yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan para petani di Parigi Moutong. Apakah membutuhkan handtraktor, perontok padi atau pupuk? Setelah itu langsung diusulkan,” jelasnya.

Pihaknya berharap, bantuan tersebut bisa memberikan kontribusi dibidang pertanian dalam rangka percepatan peningkatan ekonomi masyarakat dibidang pertanian.

Peningkatan ekononomi yang sudah mulai nampak dibidang pertanian akan dipertahankan.
Sementara itu, untuk penyalurannya menurutnya kata dia, akan dilaksanakan dalam waktu dekat.
Saat ini sejumlah bantuan itu masih berada di halaman kantor Bappeda.
Sebab, masih ada beberapa alat mesin yang belum lengkap.

Baca Juga :   Gubernur Sulteng Tinjau Pos Perbatasan Poso-Parigi Moutong

Apabila semuanya telah lengkap, maka Bappeda akan segera menyerahkan bantuan tersebut kepada instansi teknis dalam hal ini pertanian.

Selanjutnya, akan disalurkan kepada kelompok tani.

“Pokoknya nanti kalau sudah lengkap akan kita salurkan. Rencananya, seluruh kelompok tani akan mendapatkan bantuan, tetapi secara bertahap,” ujarnya. OPPIE

Komentar

News Feed