oleh

Tingkatkan Akreditasi Institusi, Standar Mutu Harus Ditingkatkan

SULTENG POST- Universitas Alhairaat (Unisa) Palu saat ini telah mengantungi akreditasi Institusi C, dengan mengantongi akreditasi institusi itu, kini Unisa Palu telah masuk dalam jejeran kedua perguruan tinggi di Sulawesi Tengah yang telah mendapatkan akreditasi institusi.

Namun, hal tersebut tidak menjadikan pengelolah perguruan tinggi peninggalan sang wali ini terus berhenti untuk mengejar status akreditasi yang lebih tinggi, bahkan akhir tahun ini, dikabarkan pengelolah akan segera mengajukan perubahan akreditasi, dari C ke B.

“Insya Allah akhir tahun kita pengajuan reakreditasi institusi, karena persyaratan reakreditasi akhir tahun ini akan kita penuhi,”kata Wakil rektor I Dr Muhammad Yasin belum lama ini.

Namun, Ketua Lembaga Penjamin Mutu (LPM) Universitas Alkhairaat (Unisa) Palu Dr Kasman Jaya Saad, menuturkan jika salah satu hal yang terpenting yang harus dipenuhi terlebih dahulu untuk meningkatkan akreditasi institusi Unisa Palu itu adalah harus terlebih menetapkan standar yang akan digunakan sebagai acuan untuk meningkatakan mutu dan kualitas Universitas tertua di Sulteng ini.

Baca Juga :   Implementasi Kampus Merdeka, Fekon Untad Sediakan Wadah untuk Produk Kreatifitas Mahasiswa

Setidaknya kata Kasman Jaya Saad, ada delapan standar, tujuh diantaranya berdasarkan standar dari Badan Akreditasi Nasional Perguraun Tinggi (BAN-PT) sementara satu standar lagi adalah murni standar dari Unisa Palu.

Ketujuh standar dari BAN-PT itu adalah Standar 1. Visi, misi, tujuan dan sasaran, serta strategi pencapaian, 2. Tata pamong,  kepemimpinan, sistem pengelolaan, dan penjaminan mutu, 3. Mahasiswa dan lulusan,  4. Sumber daya manusia, 5. Kurikulum, pembelajaran, dan suasana akademik, 6. Pembiayaan, sarana dan prasarana, serta sistem informasi, 7.  Penelitian, pelayanan/pengabdian kepada masyarakat, dan kerjasama. Sementara standar yang ditambahkan adalah standar kebersihan.

“Untuk mencapai dan  melahirkan SDM yang ahli dan prefesional itu prosesnya dulu yang harus diperbaiki, standar-standar itu yang harus dapat dicapai terlebih dahulu, karena itu yang memproses nantinya untuk melahirkan SDM yang ahli dan prefesional,” jelas Kasman.

Baca Juga :   Rektor Untad Bentuk Tim Perencanaan Pengembangan Sapras

Dengan harapan, dengan tercapainya kedelapan standar tersebut dapat menjadi nilai tersendiri untuk meningkatkan akreditasi institusi Unisa Palu dari C ke B.

“Belum lama ini kita sudah menetapkan ke delapan standar itu, itulah yang menjadi acuan Unisa Palu kedepan,” tambahnya.  AMI

Komentar

News Feed