oleh

142 Desa Dapat Bantuan Rp9,8 Miliar

-Kab. Poso-dibaca 593 kali
SR Ads

SULTENG POST- Sebagai tindaklanjut atas diberlakukannya Undang Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, maka Pemerintah Pusat mengejewantahkan regulasi tersebut dalam bentuk alokasi sebesar 10% dari APBN terhadap upaya peningkatan pembangunan yang berbasis di desa.

Di Kabupaten Poso yang saat ini terdapat 148 desa juga terkena imbas positif terhadap kebijakan pemerintah pusat tersebut.

Demikian disampaikan Kepala Badan (Kaban) Keuangan dan Aset Kabupaten Poso, Rudy Richardo Rompas.

Dia mengatakan, pihak Pemkab Poso telah menerima transfer sebesar Rp9,8 miliar untuk selanjutnya dikucurkan kepada ratusan desa di wilayahnya.

“Dana tersebut telah ditransfer pihak Kementrian Keuangan RI,” jelas Rudy saat ditemui sejumlah wartawan di ruang kerjanya, Rabu (12/11/2014).

Baca Juga :   Jumat Berkah, Kodim 1307 Poso Serahkan Tali Asih Kepada Sejumlah Panti Asuhan

Karena dana tesebut masih sangat terbatas, maka pihak Pemkab Poso merencanakan untuk sementara dibagikan kepada 142 desa dari 148 yang ada di Kabupaten Poso.

Dimana dana tersebut akan digunakan sebagai dana desa.

Namun untuk pembagian atau alokasi dana ke setiap desa penerima masih akan menunggu petunjuk teknis (juknis) yang akan dikeluarkan pihak Kementerian Dalam Negeri RI.

Selain itu kata Rudi, dana desa tersebut nantinya dibahas bersama pihak DPRD untuk menjadi bagian dari penguatan APBD, khusunya untuk APBD tahun anggaran 2015.

Sementara untuk besaran anggaran dijelaskan Rudy, semua tergantung dari kemampuan APBN serta akan dilakukan secara bertahap.

“Yang tidak kalah pentingnya dana tersebut harus dibahas untuk dapat menjadi bagian dari penguatan APBD,” tuturnya.
Rudy mengatakan, selain dana desa yang bersumber dari APBN, pihak desa juga akan mendapat sejumlah bantuan yang diluncurkan pihak pemerintah seperti dana dari Pemerintah Provinsi (Dekon) sebesar Rp1,178 miliar.
Dimana dana tersebut digunakan sebagai anggaran untuk pembuatan profil desa.

Baca Juga :   Jumat Berkah, Kodim 1307 Poso Serahkan Tali Asih Kepada Sejumlah Panti Asuhan

Masih ditambahkan Rudy, sementara untuk dana desa yang bersumber dari ABPD, Pemkab Poso telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp18,77 miliar.

Dimana dana ini sudah lama diterapkan sejak beberapa tahun terakhir dengan sebutan Alokasi Dana Desa (ADD).
“Untuk ADD sendiri aturan main serta petunjuk pelaksanaan sudah sangat jelas,” ujar Rudy yang juga mantan Kaban BKD-Reformasi Birokrasi Kabupaten Poso itu. SYAM

Komentar

News Feed