oleh

Harga Daging Sapi Naik Rp10 Ribu

-Ekonomi-dibaca 419 kali

SULTENG POST- Dua minggu menjelang lebaran 2016, harga daging sapi di Palu mulai menunjukan pergerakan. Harga daging sapi berada dikisaran Rp110 ribu per kilogram dari sebelumnya hanya berkisar antara Rp100 ribu per kilogramnya. Namun harga itu hanya terjadi di beberapa tempat saja di pasar tradisional masomba Palu.

Dari pantauan Sulteng Post sendiri, harga yang ditingkat pedagang bervariatif. Ada yang menjual Rp100 ribu ada juga yang menjual Rp110 ribu per kilogramnya. Namun untuk permintaan sendiri, beberapa pedagang mengaku pasokan dan permintaan sendiri normal.

“Biasanya kalau ada yang membeli setengah kilogram, atau satu kilogram, harganya Rp110 ribu. Namun biasa juga kalau ditawar bisa Rp100 ribu. Sejauh ini masih normal kondisi harga ini,” ujar Ardi, salah satu pedagang kepada Sulteng Post, Senin (20/6)

Baca Juga :   BRI Siapkan 1.000 Kantor Cabang Program SenyuM 2022

Stok daging sapi sendiri di pasok dari kabupaten Sigi dan juga beberapa tempat pemotongan hewan di Palu.

Kondisi ini justru terbalik dengan beberapa kebutuhan lainnya. Seperti sayur mayur, dan juga bumbu-bumbuan. Harga sayur mayur seperti kentang dan juga wortel mengalami kenaikan yang cukup signifikan rata-rata mulai mengalami kenaikan sekitar 10 persen. Kenaikan harga itu dipicu oleh minimnya stok dari pemasok ke tingkat pengecer di pasar.

Selain sayur mayur, bahan pokok lainnya yang mengalami kenaikan adalah gula pasir. Saat ini per kilogramnya gula pasir berada dikisaran Rp16 ribuan per kilogramnya.

“Kalau sayur, wortel kentang saja yang naik, pasokan juga berkurang kemungkinan distribusi yang terhambat karena musim hujan. Gula juga masih tinggi saat ini,” ujar salah satu pedagang

Baca Juga :   BRI Luncurkan Asuransi Jiwa Pelita

Diperkirakan hingga lebaran nanti kondisi harga dipasar masih akan tetap bertahan. Selain karena jumlah permintaan yang diterima minim, hal itu juga dikarenakan harga dari produsen yang dipasok ke pedagang juga tinggi.

“Kemungkinan harga akan bertahan hingga lebaran nanti. Namun belum bisa dipastikan juga, yang pasti perkiraannya agak sulit turun harga saat ini,” pungkasnya. RIU

Komentar

News Feed