oleh

SMPN 1 PALU, 23 Guru Diberi Pelatihan Kurikulum 2013

-Pendidikan-dibaca 534 kali

SULTENG POST – Sebanyak 23 guru khusus untuk tenaga pengajar kelas akselerasi diSMP Negeri 1 Palu diberi pelatihan kurikulum 2013.Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari, dari Jumat (29/8) hingga Sabtu (30/8/2014).

Dengan materi yang meliputi pengembangan silabus, indikator pembelajaran, pembuatan rencana pembelajaran, serta sistem penilaian dan penerapannya.

Pembawa materi, Hadi menjelaskan, tentang bagaimana eskalasi dilakukan terhadap kompetensi yang diharapkan pada siswa kelas akselerasi.

Ia juga menjelaskan bahwa eskalasi juga dapat dilakukan terhadap materi pelajaran, proses pembelajaran, dan kemampuan kognitif siswa (jika diperlukan), mengingat kemampuan siswa akselerasi yang berada diatas rata-rata.

Kurikulum untuk kelas akselerasi, katanya, di tingkat sekolah menengah mengalami pemanfaatan waktu belajar, yang harusnya dijalankan selama tiga tahun bagi kelas biasa harus dijalankan selama dua tahun untuk siswa kelas akselerasi.

Baca Juga :   PELAKSANAAN PTMT PERDANA, SMPN 12 Palu Berikan Bantuan Perlengkapan Sekolah Bagi Peserta Didik

“Hal itu disebabkan karena daya serap siswa di kelas akselerasi diatas rata-rata dibanding siswa di kelas biasa,” papar Hadi saat membawakan materi dalam kegiatan tersebut.

Sebagai salah satu sekolah penyelenggara kelas akselerasi, SMP Negeri 1 Palu pun harus menyesuaikan kurikulum 2013 bagi kelas tersebut sebelum diterapkan.

Sementara itu, ketua penyelenggara pelatihan kurikulum 2013, Haerul mengatakan, pelatihan kurikulum 2013 kali ini ditujukan khusus kepada 23 guru yang ditugaskan mengajar mata pelajaran di kelas akselerasi.

“Melalui workshop ini, diharapkan dapat menghasilkan produk terbaik sebagai pedoman pengembangan kurikulum 2013 di kelas akselerasi. Selain itu, dapat memiliki pengetahuan serta kemampuan dalam menerapkan kurikulum 2013 di kelas tersebut,” pungkas Haerul. URY

Komentar

News Feed