oleh

Guru Harus Tingkatkan Pendidikan Moral

-Pendidikan-dibaca 461 kali

SULTENG POST – Maneger Operasional Pengajar Ganeso Operation (GO), Pulian Pangabean meminta para guru selain menerapkan kurikulum 2013, juga harus terus meningkatkan pendidikan moral dan cinta tanah air kepada para pelajarnya.

Hal itu ia ungkapkan saat memberikan materi pelatihan kurikulum 2013 kepada ratusan guru tingkat SD, SMP dan SMA Palu, yang berlangsung di Aula Disdikbud Sulteng, baru-baru ini.

Pendidikan moral dan rasa kebangsaan yang tertanam sejak dini tidak hanya menumbuhkan cinta tanah air, namun pelajar dapat berlaku mawas diri serta menghindari kegiatan yang merugikan, seperti tawuran maupun penggunaan obat-obat terlarang.

Serta tindakan saling menghina antar etnis dan agama yang rentan terjadi di wilayah perbatasan.

Baca Juga :   SDN 21 Palu Persiapkan Diri ANBK Lewat Workshop

“Saya minta, agar jajaran pendidikan terus memberikan pembelajaran moral dan menanamkan rasa nasionalis di kalangan siswa sejak dini di seluruh tingkatan,” ujarnya.

Menurutnya, keseriusan peningkatan pemahaman moral, etika, nilai-nilai keagamaan serta menanamkan rasa nasionalis kepada anak merupakan salah satu upaya pemerintah daerah dalam menciptakan karakter anak di kota ini.

Hal ini agar anak-anak berkualitas dan mampu menjadi sumber daya manusia profesional dan berdaya saing tinggi.

Ia mengakui, jika rasa kebangsaan sudah memudar di kalangan umum saat ini, termasuk di kalangan aparat pemerintah daerah, sehingga menumbuhkannya kembali melalui sarana pendidikan formal maupun non formal sangat tepat dilakukan.

“Generasi muda sebagai pemimpin masa depan diharapkan mampu melahirkan konsep-konsep yang positif dalam meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat seperti cita-cita para pendiri bangsa,” tuturnya. URY

Komentar

News Feed