oleh

Wabup Banggai Sosialisasi Transformasi SDM dan Launching Aplikasi E-Kinerja

-Kab. Banggai-dibaca 86 kali

SULTENG RAYA – Wakil Bupati (Wabup) Banggai, H. Furqanudin Masulili membuka sosialisasi Transformasi Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur dan sistem kerja pascapenyederhanaan birokrasi dan pengalihan jabatan struktural ke dalam jabatan fungsional di lingkungan Pemerintah Daerah (Pemda) Banggai, serta pelaksanaan launching aplikasi E-Kinerja yang diselenggarakan oleh bagian Organisasi Tata Laksanana Setda Banggai, di salah satu hotel di Luwuk, Selasa (22/11/2022).
Tampak hadir dalam kegiatan itu, Kepala Regional IV BKN Makassar, Kepala Biro Organisasi Sekretariat Provinsi Sulteng, para Staf Ahli Bupati, para Asisten Setda Banggai, para Staf Khusus Bupati, para pimpinan OPD dan para Kabag Setda Banggai.
Dalam sambutannya Wabup Banggai mengatakan, tahapan penyederhanaan birokrasi Kabupaten Banggai dilakukan melalui identifikasi jabatan administrasi pada unit kerja pemetaan jabatan dan pejabat administrasi yang terdampak dari penyederhanaan birokrasi, pemetaan jabatan fungsional yang dapat diduduki pejabat yang terdampak, penyelarasan tunjangan jabatan fungsional dengan tunjangan administrasi dan peyelarasan kelas jabatan administrasi, tata kelola pemerintahan yang bersih, transfaran dan akuntabel, reformasi birokrasi akan menciptakan efektivitas, efesiensi dan pemerintahan yang berorientasi hasil kinerja.
“Pemerintah Kabupaten Banggai telah berkomitmen dan konsisten untuk melakukan reformasi birokrasi melalui penyederhanaan birokrasi dilakukan melalui transformasi organisasi, transformasi jabatan dan transformasi manajemen kinerja. Bagi pemerintah daerah, kondisi ini tentunya menciptakan berbagai tantangan dan permasalahan yang harus segera ditindaklanjuti baik oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Kami menyadari benar bahwa upaya perbaikan berkelanjutan harus terus kami lakukan,” kata Wabup.
Selain berdampak pada peningkatan, salah satu implementasi reformasi birokrasi melalui penyederhanaan birokrasi di Kabupaten Banggai kata Wabup, telah mengantarkan kami meraih beberapa prestasi daerah yang cukup menonjol diantaranya Kabupaten Banggai tahun 2020 berhasil masuk sebagai Member Open Government Pertnership (OGP) dan meraih penghargaan kategori Open Government Pertnership Accelerator Award tahun 2021. Menjadi Percontohan nasional untuk penurunan stunting dan terbaik dalam hal inovasi dan kinerja penurunan stunting baik di Sulawesi Tengah, maupun tingkat nasional. Inovasi posyandu prakonsepsi masuk dalam top 99 dan top 45 Inovasi Pelayanan Publik KemenpanRB Tahun 2020 dan di Tahun 2021, Inovasi 1 PK 100 KK masuk top 99 Inovasi Pelayanan Publik Kemenpan RB. Hasil pelayanan publik yang dilakukan oleh Kemenpan RB Tahun 2021 terhadap dua unit kerja yaitu DPMPTSP dan Dinas Dukcapil pada kategori baik.
Selain itu, Kabupaten Banggai meraih Opini WTP 10 Kali berturut-turut dari Kemenkeu RI, atas laporan keuangan tahun 2012-2021. Kabupaten Banggai tiga tahun berturut-turut mendapatkan SAKIP dengan Nilai A dari Kemenpan RB. Terbaik 2 Nasional Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) dari Bappenas Tahun 2021 dan 10 Kabupaten terbaik tingkat nasional PPD tahun 2022.
Kegiatan itu dilanjutkan dengan pemukulan gong oleh Wabup Banggai, pertanda pemberlakuan aplikasi E-Kinerja Pemerintah Kabupaten Banggai dimulai, dan dilanjutkan dengan penyerahan plakat dari pemerintah Kabupaten Banggai oleh Wabup dan diserahkan kepada Pejabat Kanreg Regional IV BKN Makassar dan pejabat Kabiro Organisasi Setda Provinsi Sulteng. */MAN

Baca Juga :   ORARI Miliki Potensi di Bidang Komunikasi

Komentar

News Feed