oleh

KPU Morut Minta Perusahaan Tambang Tak Pelit Data Karyawan

-Kab. Morowali-dibaca 291 kali

SULTENG RAYA – Demi memudahkan pendataan warga yang akan menjadi pemilih pada Pemilu tahun 2024, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Morowali Utara meminta kerjasama pihak perusahaan tambang untuk memberikan data karyawan yang ada di wilayah setempat.

Dengan adanya data jumlah karyawan yang ada lingkungan perusahaan tambang, maka penyelenggara Pemilu dapat merumuskan sejumlah program dan kebijakan untuk kemungkinan mendirikan Tempat Pemungutan Suara (TPS) apabila memang diperlukan saat Pemilu nanti.

“Kami minta perusahaan tambang, seperti PT GNI (Gunbuster Nickel Industry) untuk memberikan kami data karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut,” ujar Ketua KPU Morowali Utara Yusri Ibrahim saat Sosialisasi PKPU Nomor 7 tentang penyusunan daftar Pemilih dalam penyelenggaraan Pemilu dan sistem informasi data pemilih, Selasa (22/11/2022).

Data karyawan tersebut kemudian akan diolah pihak penyelenggara Pemilu untuk kepentingan penyusunan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) dalam rangkah penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) menghadapi Pemilu tahun 2024 nanti.

“Kami sudah menyurat sebanyak 5 kali. Kemudian memang ada respon baik dari pihak PT GNI mengustus pak Yus untuk berkoordinasi dengan kami, semoga dengan datangnya beliau bisa memudahkan kami nantinya untuk bisa mendapatkan data karyawan,” jelasnya.

Data tersebut juga akan menjadi acuan pihak penyelenggara Pemilu untuk kemungkinan dapat mendirikan sejumlah TPS di lingkungan perusahaan agar memudahkan masyarakat untuk menyalurkan hak pilihnya saat Pemilu nanti.

“Sejauh ini kami sudah turun langsung ke lingkungan perusahaan untuk mendata warga khususnya yang ada di lingkungan perusahaan, kami mendatangi langsung kos-kosan mereka. Tetapi memang ada sejumlah kendala yang kami hadapi, seperti saat pendataan warga yang ada di kos-kosan tersebut tidak berada di tempat karena kerja siang atau malam,” katanya.

Dengan adanya koordinasi yang baik dengan pihak Perusahaan tentang karyawannya maka besar harapan dapat memudahkan KPU untuk mendata warga agar nantinya masyarakat yang potensial menjadi DPT bisa menyalurkan hak pilihnya. VAN

Komentar

News Feed