oleh

Pemkot Palu ‘Suntik’ PT BPST Rp3 Miliar di 2023

-Kota Palu-dibaca 85 kali

SULTENG RAYA – Pemerintah Kota (Pemkot) Palu bakal ‘suntik’ penyertaan modal daerah kepada PT Bangun Palu Sulawesi Tengah (BPST) sebesar Rp3 miliar pada 2023 mendatang.

“Penyertaan Modal Daerah kepada PT Bangun Palu Sulawesi Tengah berupa uang dilaksanakan pada Tahun 2023 sebesar Rp3 miliar,” kata Sekretaris Kota (Sekkot) Palu, Irmayanti, saat menghadiri Rapat Koordinasi Pembahasan Perkembangan dan Evaluasi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Palu di salah satu hotel di Kota Palu, Selasa (22/11/2022).

Selain penyertaan modal, Pemkot Palu juga memberi penyertaan modal daerah kepada PT BPST dalam bentuk barang milik daerah berupa tanah.

“Penyertaan Modal Daerah berupa tanah seluas 740.066 meter persegi yang dilaksanakan secara bertahap,” kata Sekkot Irmayanti.

Tahap pertama, kata dia, dilaksanakan pada 2022 seluas 300.875 meter persegi, dengan nilai riil sebesar Rp30,7 milia lebih, atau lebih tepatnya Rp30.724.776.000.

“Sementara, tahap kedua seluas 439.191 meter persegi dan akan disertakan kepada PT Bangun Palu Sulteng setelah memperoleh nilai riil berdasarkan hasil penilaian sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,” jelasnya.

Baca Juga :   Naik 7,924 Persen, UMK Palu 2023 Rp3,073 Juta

Selain PT BPST, Pemkot Palu rencananya juga memberikan penyertaan modal daerah kepada Perumda Kota Palu pada 2023 sebesar Rp3 miliar dan penyertaan modal kepada PDAM Kota Palu pada 2023 sebesar Rp2 miliar.

Turut hadir, Setjen Dewan Nasional KEK, Bambang wijanarko, Kabag P3 Menko Perekonomian, Budi Santoso, Wakil Ketua Tim Pelaksana DN KEK Provinsi Plt Staf Ahli Gubernur Bid  Ekbang, Raaf Malik, dan Pejabat PT BPST.

SOSIALISASI KEMUDAHAN BERINVESTASI di KEK PALU

Sebelumnya diberitakan, Pemkot Palu melalui Administrator Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Palu melaksanakan sosialisasi Fasilitas dan Kemudahan Investasi di KEK Palu di salah satu hotel di Kota Palu, Selasa (22/11/2022).

Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid, mengatakan, apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Administrator KEK Palu yang telah menginisiasi pelaksanaan kegiatan sosialisasi fasilitas dan kemudahan investasi di KEK.

Baca Juga :   Sukses Amankan Munas KAHMI Di Palu, Kapolresta Ucapkan Terima Kasih untuk Seluruh Unsur yang Terlibat

“Kawasan Ekonomi Khusus Palu telah beroperasional sejak tahun 2017 yang ditandai dengan peresmian oleh menteri kordinator perekonomian,” kata Wali Kota Hadianto.

Kek Palu dalam hal operasionalnya dilaksanakan PT BPST selaku badan pengelola  dan pembangun kawasan, kemudian sebagai regulator dalam perizinan dalam kawasan dilaksanakan Administrator KEK Palu. Sejak beroperasinya tahun 2017 sampai dengan sekarang telah berdiri beberapa tenant di kawasan ekonomi.

“Jadi  harapan kami kepada stakeholder dan para pelaku usaha setelah  mengikuti sosialisasi ini kiranya dapat menjadi daya tarik untuk berinvestasi di KEK karena berbagai macam kelebihan fasilitas dan kemudahannya jika dibandingkan berinvestasi di luar KEK,” ucapnya.

Dengan meningkatnya jumlah investor di KEK Palu, kata dia, dapat menjadi kawasan ekonomi baru yang meningkat, khususnya di Sulawesi Tengah.

Baca Juga :   Pemkot Palu Siapkan Website Jendela Informasi Stunting

“Yang ditandai pertumbuhan ekonomi meningkat, penyerapan tenaga kerja meningkat dan serta daerah di sekitarnya mendapat dampak dari multiplayer efect ekonomi kawasan ekonomi Palu,” tuturnya.

Adapun tenant berinvestasi di KEK Palu saat ini, diantaranya PT Hongthai Internasional investasi getah pinus ekspor India dan China, PT Asbuton Jaya Abadi investasi ready mix aspal Buton untuk domestik, PT Ganda Parade Artana investasi mix concrette beton untuk domestik, PT Sentosa Utama Lestari pengolahan jagung pakan ternak untuk domestik, Sulawesi Global Comodity investasi buah kelapa untuk domestik, Sulawesi Centeral Comodity investasi biji cokelat untuk domestik dan sejumlah tenant lainnya.

Turut hadir, Sekjen Dewan Nasional KEK, Elen Setiadi, Wakil Ketua Tim Pelaksana Dewan Nasional KEK, Budi Santoso, Plt Kepala Administrator KEK Palu, Irwan Indrayana dan stakeholder lainnya.HGA

Komentar

News Feed