oleh

Hadiri Kegiatan Karang Taruna,Plt Kadinsos Walawati Dorong Pengurangan Penggunaan Plastik Sekali Pakai

-Ekonomi-dibaca 336 kali

SULTENG RAYA – Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Kota Palu, Walawati, mengajak para pengurus dan anggota Karang Taruna Kota Palu untuk ikut mendukung program Pemerintah Kota (Pemkot) Palu dalam rangka mengurangi penggunaan plastik sekali pakai dan styrofoam.

Caranya, dimulai dari diri sendiri dan ikut menyosialisasikan di lingkungan keluarga.

Dorongan pengurangan plastik sekali pakai tersebut tertuang dalam Surat Edaran Wali Kota Palu Nomor: 660.2/3591/DLH/2022 tertanggal 4 November 2022 tentang Pengurangan Penggunaan Sampah Plastik Sekali Pakai dan Styrofoam.

“Hal ini dilakukan dalam mendukung program Kota Palu menuju Adipura, sehingga para OPD dan masyarakat tidak lagi menyediakan atau menyajikan makan dan minum dengan kemasan plastik sekali pakai dan styrofoam dalam semua kegiatan,” kata Kadinsos Waawati, saat menghadiri Sosialisasi Manajemen Organisasi Karang Taruna se-Kota Palu di gedung pertemuan SDN Model Madani Palu, Kamis (17/11/2022).

Baca Juga :   Terbukti Lincah Dan Tangguh Di Tanjakan, Wuling Air EV Libas Rute Tanjakan Bukit Doda Palu

Menurutnya, pemuda merupakan salah satu modal dasar pembangunan yang perlu dihimpun dan dibina agar benar-benar mampu mengambil peran aktif dalam pembangunan daerah ini.

“Pemuda merupakan generasi penerus bangsa, di tangan pemuda pembangunan bangsa ini akan berjalan sesuai dengan harapan para pemimpin negara,” katanya.

Ia menyatakan, Karang Taruna menjadi salah satu wadah bagi pemuda untuk berperan aktif melalui pembinaan lembaga kepemudaan yang dilaksanakan secara terencana, sistematis, dan berkelanjutan untuk meningkatkan potensi dan kualitas jasmani, mental spiritual, pengetahuan, serta keterampilan diri.

“Diharapkan kegiatan ini sebagai salah satu upaya guna pemantapan dan peningkatan kualitas para anggota Karang Taruna Kota Palu, sehingga menjadi pemuda yang profesional dan bertanggungjawab di lingkungan masing-masing,” tuturnya.

Baca Juga :   Wuling Air EV: Gesit Dalam Kota, Tangguh Jajal Puncak Salena-Doda

Sebelumnya diberitakan, Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid, membatasi penggunaan plastik dan styrofoam di seluruh kantor organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Palu.

Pembatasan tersebut didahului dengan Surat Edaran Nomor: 660.2/3591/DLH/2022 tertanggal 4 November 2022 tentang Pengurangan Penggunaan Sampah Plastik Sekali Pakai dan Styrofoam.

Surat edaran tersebut sesuai dengan Peraturan Wali Kota Palu Nomor 40 Tahun 2021 tentang Pembatasan Penggunaan Plastik Sekali Pakai dan Styrofoam.

“Pembatasan tersebut dilakukan dalam mendukung program Kota Palu menuju Adipura, sehingga para OPD tidak lagi menyediakan atau menyajikan makanan dan minuman dengan kemasan plastik sekali pakai dan styrofoam dalam semua kegiatan,” jelas Wali Kota Hadianto, Jumat (11/11/2022).

Baca Juga :   Kalla Toyota Kenalkan Generasi ke-7 Innova

Ia mendorong setiap OPD yang melaksanakan kegiatan untuk menyediakan makanan dalam bentuk prasmanan atau makanan tidak dibungkus menggunakan plastik tetapi menggunakan piring, kemudian menyediakan makanan dengan kemasan organik seperti daun atau kertas.

“Selain itu, setiap kegiatan wajib menyediakan air minum isi ulang, seperti galon dan tidak menyediakan air minum kemasan melainkan mewajibkan membawa tumbler,” tuturnya. HGA

Komentar

News Feed