oleh

Asisten I Pimpin Rapat Pembentukan APSAI Morut

SULTENG RAYA – Asisten I Pemerintah Kabupaten Morowali Utara Drs. Viktor Tamehi memimpin rapat pembentukan Asosiasi Perusahaan Sahabat Anak Indonesia (APSAI) Kabupaten Morowali Utara.

Kegiatan yang dihadiri pada stakeholder dan perwakilan perusahaan yang beroperasi di Morut, berlangsung di Ruang Pola Kantor Bupati Morut, Kamis (22/9/2022).

Ikut mendampingi Asisten I di antaranya Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Daerah (P2KBP3AD) Drs. Romelius Sapara.

Selain itu hadir pula beberapa Camat yang wilayahnya di daerah perusahaan pertambangan dan perkebunan.

Pada kesempatan itu, Viktor Tamehi mengemukakan pembentukan APSAI ini sesuai dengan semangat undang-undang nomor 35 tahun 2014 tentang Perlindungan Anak yang berbunyi “pemerintah daerah berkewajiban dan bertanggung jawab untuk melaksanakan dan mendukung kebijakan nasional dalam penyelenggaraan perlindungan anak di daerah”.

“Kebijakan itu diwujudkan melalui upaya pemerintah daerah membangun kabupaten/kota layak anak,” jelasnya dikutip dari MCDD.

Untuk mencapai tujuan tersebut, pemerintah daerah mengajak semua pihak termasuk perusahaan yang berinvestasi di daerah ini untuk ikut terlibat dalam hal perlindungan anak

Viktor menambahkan, melalui APSAI ini diharapkan semua perusahaan bisa mengambil bagian dan ikut bertanggung jawab terhadap upaya-upaya perlindungan anak.

Sebelumnya, Kepala Bidang Perlindungan dan Pemenuhan Hak Anak Dinas P2KBP3AD Morut Yemmy Alce Poea, S.Pd, melaporkan secara nasional inisiasi pembentukan APSAI dilakukan pada tahun 2011 bertepatan dengan penyelenggaraan Konferensi Internasional ke-2 Kota Layak Anak tingkat Asia Pasifik di Solo.

Saat itu secara tegas disebutkan bahwa APSAI dibentuk atas dasar keinginan perusahaan-perusahaan swasta dan pelaku bisnis untuk berkontribusi dalam pemenuhan hak-hak anak.

Dalam pertemuan di Ruang Pola Kantor Bupati Morut berhasil disepakati susunan kepengurusan APSAI tingkat Kabupaten Morowali Utara sebagai berikut :

• Ketua : PT. GNI

• Sekertaris : PT. PTPN XI

• Bendahara : PT. Bank Mandiri

• Bidang Organisasi dan Kelembagaan : PT. Sinergi Raya Utama

• Bidang Humas dan Dokumentasi: PT. Sumber Pertama Selaras

• Bidang Program dan Kemitraan: BPR Palu Lokadana Utama

• Bidang Advokasi Anak : PT. Rinjani Jaya Reksa

• Bidang Pendidikan dan Latihan: PT. Bumanik. VAN

Komentar

News Feed