oleh

Pengurus MWCNU se-Kabupaten Buol Dikukuhkan

-Kab. Buol-dibaca 31 kali

SULTENG RAYA – Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Ulyas Taha, mengukuhkan melantik dan mengukuhkan seluruh Pengurus Majelis Wakil Cabang NU (MWCNU) se-Kabupaten Buol di aula Gedung Srikandi Kelurahan Kulango, Rabu (21/9/2022).

Pelantikan tersebut merupakan rangkaian kegiatan Ulyas Taha yang juga Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Tengah ini saat menghadiri pertemuan dengan para pengurus dan warga nahdliyin bersama Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Buol.

Usai melantik, Ulyas berpesan kepada Pengurus MNCNU se-Kabupaten Buol, agar memahami tiga hal, yakni amaliyah, fiqrah dan haraqah.

“Amaliyah, meliputi kegiatan yang kerap dilakukan oleh Nahdliyin dalam meningkatkan kualitas beribadah kepada Allah, seperti kegiatan shalawatan, tahlilan, ziarah kubur dan lainnya,” jelas Ulyas.

Menurutnya, hal tersebut harus selalu dilakukan karena merupakan salah satu ciri khas Nahdliyin.

“Harus kita lestarikan, harus kita jaga,” paparnya. 

Kemudian, fiqrah di dalamnya membahas tentang akidah sampai dengan kebangsaan. Hal tersebut harus diketahui, karena sebagai warga Negara Indonesia yang baik apabila mengetahui proses mendirikan NKRI, maka akan selalu mensyukuri bisa menikmati tanah airnya.

“Fiqrah, pemikiran-pemikiran ketauhidan, akidah, kebangsaan. NKRI hasil ijtihad ulama, Negara yang damai,” ucapnya.

Selanjutnya, haraqah merupakan bentuk nyata dalam menjalankan hidup bernegara. Mulai dari gerakan dakwah, sosial dan berkebangsaan.

“Haraqah, gerakan dakwah, gerakan sosial, gerakan kebangsaan,” terangnya.  Ketiga hal tersebut tidak dapat dipisahkan, karena saat ini kerap ditemukan seseorang yang mengaku ber NU tapi masih belum yakin dengan NU itu sendiri. 

Untuk itu, Ulyas Taha  berharap kepada seluruh kader untuk senantiasa memahami ketiga hal tersebut dan tentunya melalui bimbingan ulama yang sanad keilmuannya jelas sampai dengan Rasulullah. 

Acara pengukuhan tersebut turut dihadiri Wakil Bupati Buol, Abdullah Batalipu, Ketua DPRD Buol, Srikandi Batalipu. HGA

Komentar

News Feed