oleh

BENTUK FRAKSI, PDIP Sulteng Buka Ruang

-Politik-230 views

SULTENG POST – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Sulawesi Tengah membuka ruang untuk partai lain yang tidak memenuhi syarat satu fraksi penuh di DPRD provinsi untuk bergabung bersama partai berlambang Banteng moncong putih itu.

“Kami membuka peluang kepada partai lain yang tidak cukup kursi membentuk fraksi penuh, untuk bergabung dengan kami,” kata Ketua Fraksi PDIP DPRD Sulawesi Tengah Huisman Brant Toripalu di Palu, Jumat.

Kumala Digifest

Satu fraksi penuh di DPRD provinsi setidaknya memiliki empat kursi. Sementara beberapa partai tidak memenuhi syarat seperti Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Bulan Bintang (PBB) masing-masing hanya satu kursi.

Demikian halnya Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Keadilan Sejahtera masing-masing hanya tiga kursi.

Sementara PDIP sendiri memiliki enam kursi, sama dengan Partai Demokrat dan Gerindra. Kecuali Partai Golkar memilki tujuh kursi.

Huisman mengatakan hingga kini partainya belum menentukan ketua fraksi PDIP karena tidak menutup kemungkinan ada partai lain yang ingin bergabung.

Meski peluang untuk bergabung bersama PDIP cukup terbuka, tetapi menurut Huisman hingga kini belum ada partai yang membuka pembicaraan serius.

“Kami pada prinsipnya terbuka. Tapi sampai sekarang belum ada yang menawarkan,” katanya.

Menurut Huisman PDIP sudah mengajukan dua nama calon wakil ketua DPRD periode 2014-2019 ke DPP PDIP yakni Muharam Nursin dan Sri Indraningsih Lalulusu. Keduanya masing-masing menjabat sekretaris dan bendahara DPD.

“Sampai sekarang belum ada jawaban DPP,” katanya. ANT

Komentar

News Feed