oleh

Maksimalkan Pencapaian Target Vaksinasi, BIN-Dinkes Touna Buka Gerai di Desa

SULTENG RAYA – Selain menyambangi rumah-rumah warga dan memberikan penyadaran terkait pentingnya vaksinasi, Dinas Kesehatan (Dinkes) Tojo Una-Una (Touna) bersama Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) juga memanfaatkan momentum dengan membuka gerai vaksinasi di desa.

Hal ini dilakukan oleh petugas kesehatan di wilayah Puskesmas Ampana Timur. Dalam rangka menindaklanjuti kerja sama termin kedua dengan BIN, Puskesmas Ampana Timur membuka gerai vaksin di Desa Labuan, Kecamatan Ratolindo, Kabupaten Touna.

Menurut Koordinator Vaksinasi Wilayah Ampana Timur, Hayah Abdul Saleh, pembukaan gerai vaksin itu memanfaatkan momentum Festival Wisata Tanjung Lawaka di desa tersebut.

“Kami membuka gerai ini dari pagi sampai malam hari,” kata Hayah.

Menurutnya, hal itu dilakukan, mengingat capaian vaksinasi booster atau dosis tiga di wilayah kerjanya masih terbilang rendah.

“Memang sudah di atas 10 persen. Makanya kami bersama BIN membuka gerai dalam rangka mempercepat pencapaian terget vaksinasi. Untuk sementara masih di Desa Labuan ini, tapi siapa saja dari desa lain yang mau divaksin, tetap kami layani,” katanya.

Ke depan, kata dia, jika ada kegiatan di desa-desa yang lain dan ada permintaan membuka gerai vaksinasi, pihaknya bersedia.

“Kami juga masih tetap aktif melakukan kunjungan ke rumah-rumah warga,” ujarnya.

Sejauh ini, lanjut dia, belum ada kendala yang berarti, baik dari sisi ketersediaan stok vaksin, maupun dari sisi sumber daya, dalam hal ini petugas kesehatan.

Untuk sementara ini, tambahnya di wilayah kerja Puskesmas Ampana Timur belum dilakukan vaksinasi booster kedua atau dosis empat kepada tenaga kesehatan (nakes), sebab belum ada instruksi.

“Jadi masih menyasar masyarakat umum,” tutupnya.

Diwartakan sebelumnya, Dinkes Kabupaten Touna bersama BIN telah mengambil inisiatif menyambangi rumah warga, dalam rangka memberikan penyadaran pentinganya vaksinasi Covid-19.

“Kesadaran dan minat masyarakat semakin berkurang. Ini juga jadi kendala yang kita alami dalam melakukan vaksinasi,” ujar Hayah.

Untuk memaksimalkan pelayanan vaksinasi, maka pihaknya bersama BIN melakukan upaya ke rumah-rumah dalam rangka memberikan imbauan kepada masyarakat agar mau divaksin.

Dalam memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat, pihaknya sendiri membagi dua tim dalam kegiatan vaksinasi. Satu tim yang stand by di Puskesmas, sementara tim lainnya turun ke lapangan.

“BIN juga ikut serta turun ke lapangan untuk bersama-sama memberikan penyadaran kepada masyarakat agar mau divaksin. Selain itu, BIN juga memfasilitasi untuk mencari warga yang ingin divaksin, kemudian menghubungi petugas vaksinator,” jelasnya.

Untuk fokus vaksinasi, pihaknya tidak membatasi pada dosis tertentu saja. Pihaknya siap memberikan pelayanan kepada masyarakat, baik dosis satu, dua maupun booster.

“Jadi tidak mungkin kami menolak jika ada warga yang ingin divaksin dosis satu, sementara kita juga sedang gencar mencari masyarakat yang ingin divaksin. Jadi mana yang mau divaksin itu kami layani, terserah mau dosis satu, dua atau tiga,” ujarnya.

Kepala Seksi (Kasi) Imunisasi/Vaksinasi, Dinkes Kabupaten Touna, M. Rifai membenarkan bahwa kegiatan vaksinasi di wilayah kerjanya masih tetap berjalan setiap hari.

“Kita buka di Puskesmas dan beberapa titik lain di lapangan. Targetnya itu masih tetap sama, mulai dari dosis satu sampai dosis tiga,” katanya.

Kerja sama BIN dengan Dinkes Kabupaten Touna sudah berlangsung sejak tahun lalu. Namun di tahap ini, khusus dilakukan selama 73 hari yang dibagi dalam tiga termin.

Dalam kerja sama kali ini, Dinkes Touna melibatkan kurang lebih tujuh Puskesmas yang berada di wilayah daratan. Meski demikian, ada juga Puskesmas yang disiapkan sebagai cadangan.

Pada kerja sama sebelumnya, Dinkes bersama BIN juga sudah pernah menyasar wilayah kepulauan.

Untuk wilayah terpencil, kata dia, sejauh ini tidak jadi kendala karena petugas vaksinator bisa terbiasa dan bisa tembus di wilayah-wilayah pedalaman, seperti Dataran Bulan. *WAN

Komentar

News Feed