oleh

Prodi Pascasarjana Unismuh Palu Bertambah, Prodi Ilmu Pertanian Buka Penerimaan Maba

-Pendidikan-dibaca 255 kali

SULTENG RAYA- Program Studi (Prodi) Pascasarjana Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu kembali bertambah, setelah Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Republik Indonesia Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A menandatangani persetujuan izin pembukaan Prodi Ilmu-ilmu Pertanian Pascasarjana (S2) Unismuh Palu dengan Nomor 544/E/O/2022, tertanggal 26 Juli 2022.

Kini Kampus Biru Unismuh Palu memiliki empat Prodi Pascasarjana S2, setelah sebelumnya telah ada Prodi Manajemen Pendidikan Islam, Prodi Hukum, Prodi Menajemen, dan kini terbaru Prodi Ilmu-ilmu Pertanian.

“Alhamdulillah, kini bertambah Prodi di Pascasarjana, artinya kampus biru terus berbenah memenuhi tuntutan dan keinginan masyarakat, dan ini bukan akhir, karena akan terus melakukan pemenuhan dan pelayanan pendidikan kepada masyarakat,”jelas Wakil Rektor Bidang Akademik Unismuh Palu, Sudirman, S.KM., M.Kes, Kamis (11/8/2022).

Di tempat terpisah, Dekan Fakultas Pertanian, Ir. Syaiful Bahri, M.Si  mengatakan, memiliki optimis yang besar jika Prodi ilmu-ilmu pertanian di Pascasarjana Unismuh Palu itu akan diminati masyarakat, sekalipun prodi tersebut baru keluar izinnya.

Baca Juga :   Untad-Pemda Mamuju Tengah Jalin Kerja sama

Mengingat selama ini, bukan hanya masyarakat, juga alumni sudah banyak yang mempertanyakan pembukaan Prodi Ilmu Pertanian di Pascasarjana S2 itu. “Terbukti, saat izinnya sudah keluar, yang menghubungi kita itu memang kebanyakan alumni,”sebutnya.

Terlebih katanya, sebagai kampus Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) memiliki keunggulan yang tidak dimiliki kampus pada umumnya, sama dengan S1, yakni Alislam Kemuhammadiyaan (AIK).

Selain itu, sekalipun kampus ini adalah perguruan tinggi keagamaan, namun tidak membatasi mahasiswanya dari kalangan tertentu, melainkan terbuka untuk semua kalangan tanpa melihat latar belakang agama, itu bisa dilihat saat ini baik mahasiswa berasal dari agama Islam, Hindu, dan Nasrani semua diterima dan kuliah di kampus ini dan mendapatkan perlakuan yang sama tanpa diskriminasi.

Unismuh Palu juga katanya berada di pusat kota, sehingga mudah diakses, memiliki kajian keagamaan yang rutin di dalam kampus, punya hutan pendidikan seluas 5 ribu hektar, ini dapat menjadi daya tarik bagi mahasiswa untuk penelitian dan pengabdian masyarakat.

Baca Juga :   Rektor Unismuh Palu Izinkan LPPM Produksi JAHEMU

Bahkan kedepan, hutan pendidikan itu tidak hanya sekadar untuk  tempat penelitian, melainkan juga akan diperuntukan menjadi kawasan agro wisata.

Terkait tenaga dosen, terdapat tujuh dosen internal, bahkan kedepan dari tujuh dosen itu dalam waktu dekat ada diantara mereka jadi guru besar. “Ketujuh dosen itu adalah mereka yang sebelumnya mengajar di S1, dan tanggal 5 Agustus 2022 kemarin, mereka pindah hombes ke pascasarjana, sehingga murni mereka itu adalah dosen internal Unismuh Palu,”sebut dekan.

Masing-masing mereka itu adalah Dr. Hj. Sri Jumiaty, S.P., M.Si, Dr Lifayanti, Dr.Ir. Rosamaniar Gailea, M.Si, Dr. Sitti Aminah, S.Hut., M.P, Dr. Patta Dua, SE., M.P Dr. Ir. Syaifuddin Nasrun, M.P,  dan Dr. Hut. Ice Anugrah Sari, S.Hut., M.P.

Begitu juga katanya terkait sarana prasarana, mahasiswa tidak perlu khawatir, kampus ini memiliki sarana prasarana yang sangat memadai, untuk ruang kelas pascasarjana dilengkapi dengan AC dan Infokus. Pembelajarannya juga ada dua model saat ini, menyesuikan dengan kondisi yakni daring dan luring.

Baca Juga :   Mahasiswa Fakultas Kehutanan Untad Antusias Ikut Magang di BPDASHL Palu Poso

“Terkait mahasiswa pekerja tidak perlu khawatir, karena di sini perkuliahannya dilakukan sore hingga malam hari, sehingga sangat memungkinkan, bahkan ini adalah kesempatan mereka, karena bisa kuliah tanpa harus mengganggu pekerjaanya,”sebut dekan.

Khusus alumni kata dekan, sebagaimana kebijakan Rektor Prof. Dr. H. Rajindra, SE., MM, akan digratiskan biaya pendaftarannya.

Saat ini Prodi tersebut masih membuka penerimaan mahasiswa baru sampai 30 Agustus 2022, dengan harapan bagi masyarakat yang berniat melanjutkan pendidikan ke jenjang Pascasarjana S2 dapat segera mendaftarakan diri sebelum ditutup, karena sesuai kalender akademik di awal September sudah mulai proses pembelajaran atau perkuliahan. “Bagi yang berniat melanjutkan pendidikan ke jenjang S2, silahkan datang ke sekretariat penerimaan maba di kampus biru Unismuh Palu, buka setiap jam kerja,”saran dekan. ENG

Komentar

News Feed