oleh

Kasatpol PP Trisno: Reklame Tidak Boleh di Ruang Milik Jalan

-Kota Palu-dibaca 113 kali

SULTENG RAYA – Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Kota Palu, Trisno Yunianto, mengimbau dan mengingatkan seluruh masyarakat di Kota Palu agar tidak memasang reklame hingga menggunakan ruang milik jalan.

“Kami, harap pemasangan reklame tidak menggunakan ruang milik jalan, seperti kasus penertiban reklame di Jalan Juanda yang berada di atas trotoar, Selasa (9/8/2022),” kata Kasatpol PP Kota Palu, Trisno Yunianto, Kamis (11/8/2022).

Ia menjelaskan, penertiban merupakan salah satu tugas Satpol PP, termasuk terhadap reklame tidak berizin, tanpa identitas, izin reklame berakhir dan reklame yang tidak sesuai titik penempatannya serta tata letaknya.

“Itu sudah pasti akan ditertibkan. Olehnya, kepada pihak yang mau memasang reklame, kiranya sebelum memasang reklame apapun itu, wajib minta izin atau wajib berkonsultasi kepada DLH Kota Palu dan Dinas Penataan Ruang dan Pertanahan Kota Palu sebagai OPD yang bertugas dalam hal pengawasan,” jelasnya.

Baca Juga :   Banua Cita Sulteng, Siap Bersinergi dengan Polri Ciptakan Kamtibmas yang Kondusif 

“Jadi, kami melakukan penertiban setelah adanya koordinasi dari OPD terkait, sehingga untuk target lokasi kami belum tentukan. Tetapi, jika ditemukan ada reklame menggunakan ruang milik jalan itu sudah menyalahi, karna semua ruang milik jalan seharusnya steril,” ucapnya.

Ia menuturkan, sejauh ini pihaknya hanya memberi sanksi teguran dan pembongkaran terharap reklame yang dianggap melanggar.

“Untuk sanksi, pelanggaran pemasangan reklame yang telah ditertibkan hanya diberi sanksi teguran dan pembongkaran atau penertiban reklame. Walau begitu, saya berharap pemasangan reklame jangan menggunakan ruang milik jalan dan pemasangan harus melakukan koordinasi dengan OPD terkait,” tuturnya.

REKLAME DI PERSIMPANGAN JUANDA-GUNUNG SIDOLE DITERTIBKAN

Sebelumnya diberitakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Palu melalui sejumlah Organisasi Perangkat Dareah (OPD) menertibkan papan-papan reklame di atas trotoar, tepatnya di persimpangan Jalan Juanda-Jalan Sidole, Kota Palu, Selasa (9/8/2022).

Baca Juga :   Lurah Putra Canangkan Bentuk Koperasi Masyarakat di Kabonena

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Palu, Trisno Yunianto, mengatakan, penertiban  papan reklame yang terpasang di atas trotoar tersebut, lantaran telah mengambil hak pejalan kaki.

“Papan reklamenya sudah dipindahkan karena diletakkan di atas trotoar. Hal ini dilakukan sesuai instruksi Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid, untuk menertibkan papan reklame itu,” kata Kasat Trisno.

Ia mengungkapkan, upaya penertiban bakal dilanjutkan dengan memindahkan beton penyangga reklame sebanyak 10 buah. Pemindahan dilakukan kerja sama antara Satpol PP dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Palu.

“Ini kalau dipindahkan secara manual cukup berat dan membutuhkan tenaga yang luar biasa. Nantinya Kita angkat dan pindahkan sementara ke Kantor Satpol PP untuk diamankan,” ungkapnya.

Baca Juga :   Kabag Ops Polresta Palu Berganti

Selain itu, pihaknya juga bakal menghubungi para pelaku usaha yang telah memasang reklame di atas trotoar, agar tidak mengulang kembali tindakan serupa. 

“Kami akan menghubungi pelaku usaha yang bersangkutan agar tidak berulang,” tuturnya. HGA/ULU

Komentar

News Feed