oleh

Penyaluran Kredit Ultra Mikro di Padagimo Capai Rp21 Miliar

-Ekonomi-dibaca 57 kali

SULTENG RAYA – Penyaluran kredit Ultra Mikro (UMi) di Kota Palu, Kabupaten Donggala, Sigi dan Parigi Moutong (Padagimo) melalui PT Pegadaian dan PNM mencapai Rp21,1 miliar per Juli 2022.

Melalui kanal Instagram resmi Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Palu, tercatat, pembiayaan sejumlah Rp21,1 miliar tersebut diakses 4.956 debitur pelaku usaha mikro di empat daerah tersebut.

“KPPN sebagai pihak yang melakukan monitoring dan evaluasi penyaluran di wilayah kerjanya. Bentuk monev-nya berupa pengecekkan dokumen debitur dan survey langsung kepada debitur didampingi oleh pihak penyalur,” tulis KPPN Palu.

Dari PT Pegadaian, Kota Palu menjadi daerah yang paling banyak disalurkan pembiayaan, total sebanyak 244 debitur mengakses kredit mikro itu dengan plafon kredit Rp1,12 miliar, Kabupaten Sigi menjadi yang terendah, dengan hanya diakses 41 debitur dengan plafon Rp172,9 juta.

Baca Juga :   RUPSLB BSI Setujui Right Issue Enam Miliar Saham

Sedangkan PNM, notabenenya memiliki debitur dan plafon cukup besar dibanding PT Pegadaian, dengan Kabupaten Parigi Moutong menjadi wilayah paling banyak mengakses yakni sebanyak 2.196 debitur dengan plafon kumulatif kredit sebanyak Rp9,34 miliar, sedangkan yang paling kecil yakni Kabupaten Donggala, yang diakses oleh 287 debitur dan plafon kreditnya Rp1,09 miliar.

Untuk diketahui, pembiayaan UMi merupakan program pendanaan yang disalurkan kepada usaha ultra mikro dalam bentuk kredit konvensional atau dengan prinsip syariah dengan plafon kredit dibawah Kredit Usaha Rakyat (KUR). RHT

Komentar

News Feed