oleh

Prof. Lincolin Minta Civitas Unismuh Palu Bangun Team Work

-Pendidikan-dibaca 166 kali

SULTENG RAYA-Ketua Majelis Diklitbang PP Muhammadiyah Prof. Lincolin Arsyad, M.Sc., Ph.D, meminta kepada seluruh Civitas Akademika Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu agar membangun Team Work yang solid untuk mengejar ketertinggalan menuju kampus unggul.

Karena untuk mengejar ketertinggalan itu tidak bisa hanya satu orang yang bekerja, jauh lebih efektif jika dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh Civitas Akademika, baik dosen maupun non dosen. 

Sekalipun katanya, kondisi kampus Biru Unismuh Palu saat ini jauh lebih baik dari sebelum-sebelumnya, sejak dipimpin oleh Prof. Dr. H. Rajindra, SE., MM sudah ada perbaikan baik sistem di internal dalam kampus maupun perbaikan dari sisi bangunan dan infrastruktur.

Kata Prof Lincolin, rektor dan dosen maupun staf harus lebih fokus  lagi jika mau perguruan tinggi itu lebih maju dari apa yang ada hari ini. “Kalau mau mengejar ketertinggalan menuju kampus unggul, harus bisa membangun Team Work yang solid,”ujar Prof. Lincolin, saat membuka Rapat Kerja Kampus Biru Unismuh Palu, Senin (8/8/2022).

Baca Juga :   SMP Al-Azhar Palu Terima Piala Tetap LCC Museum Nasional

Karena dari 172 Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (PTMA) di Indonesia dan satu diantaranya berada di Malaysia, baru enam yang terakreditasi unggul, yakni Universitas Muhammadiyah Hamka (UHAMKA), Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), dan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Sementara yang tengah didorang kedepan untuk meraih akreditasi Unggul adalah Universitas Muhammadiyah Jakarta, Universitas Muhammadiyah Semarang, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Universitas Muhammadiyah Surabaya, dan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

“Sementara Universitas Muhammadiyah Palu, belum bisa dimasukan dalam target, agar kedepan bisa diajukan sebagai target, harus bisa mengejar dulu ketertinggalannya,”ujarnya.

Selain membangun Team Work yang solid katanya, juga perlu meningkatkan kualitas dan prefesionalitas para dosen, karena sebagai perguruan tinggi yang utama itu adalah dosen, serta fasilitas infrastruktur harus disiapkan dengan baik, seperti bangunan Islamic Center harus segera dirampungkan pembangunannya.

Baca Juga :   Teknologi Pendidikan Harus Mengedepankan Kebutuhan Guru dan Siswa

Ditempat yang sama Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sulawesi Tengah Hadie Sutjipto, BSc, S.Ag, M.PdI mengaku bersyukur atas pertumbuhan dan perkembangan Unismuh Palu saat ini, namun itu bukan hanya kerja sendiri melainkan hasil dari kerja bersama. “Mari kita teruskan apa yang telah dilakukan hari ini, untuk mewujudkan Universitas Muhammadiyah Palu yang unggul terpercaya dan Islami melalui rencana strategis dan Anggaran  berbasis kinerja,”sebutnya.

Hal yang sama juga diutarakan oleh Ketua Badan Pembina Harian (PBH) Unismuh Palu, Muh. Amin Parakkasi, S.Ag. M.Hi, jika kebijakan yang diambil pihak pimpinan universitas kini sudah berbanding lurus dengan kebijakan Majelis Dikti PP Muhammadiyah. Namun masih terbilang lambat dari PTMA lainnya di Indonesia, khususnya yang sudah maju.

Untuk itu kata Amin Parakkasi meminta kepada seluruh Civitas Akademika Unismuh Palu untuk terus memberikan dukungan kepada kebijakan-kebijakan yang sudah diambil oleh pimpinan universitas tersebut. “Mari kita dukung kebijakan-kebijakan yang sudah diambil pak rektor, yang perlu kita dilakukan sekarang ini adalah percepatan mengejar ketertinggalan itu,”sebutnya.

Baca Juga :   SMPN 15 Palu Sukses Laksanakan ANBK, Kepsek Harapkan Hasilnya Maksimal

Ia juga meminta agar jangan lagi ada pejabat di universitas ini yang curhat permasalahan kampus di media sosial, karena itu bukan tempatnya. Terkait pengelolaan keuangan di universitas ini juga katanya semuanya diketahui oleh PBH, bahkan tidak boleh cair kalau tidak sepengetahuan dengan PBH, sehingga dipastikan pengelolaan keungan sudah prefesional sesuai dengan aturan yang ada.

Rektor Unismuh Palu, Prof. Dr. Rajindra, SE., MM berharap jika Rapat Kerja selama dua hari itu bisa menghasilkan program kerja yang sejalan dengan visi misi kampus serta tema yang diusung dalam rapat kerja itu, yakni mewujudkan Universitas Muhammadiyah yang unggul, terpercaya dan Islami melalui rencana strategis dan anggaran berbasis kinerja. ENG

Komentar

News Feed