oleh

TINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT TANI – Petugas PIP Pertanian Diminta Memangkas Rantai Jual Petani

-Kota Palu-dibaca 31 kali
SR Ads

SULTENG RAYA – Sekretaris Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH) Sulawesi Tengah, Arif S Asikin, meminta kepada petugas Pelayanan Informasi Pasar (PIP) pertanian mampu memotong rantai jual petani.

Tujuannya, agar petani mendapatkan harga lebih layak, demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat tani.

“Kedepannya harus dipikirkan untuk merampingkan jalur pemasaran petani, agar betul-betul petani merasakan apa yang mereka kerjakan memperoleh hasil yang lumayan,” kata Sekdis Arif pada kegiatan Pertemuan Koordinasi Pelayanan Informasi Pasar yang dihadiri seluruh perwakilan petugas PIP di 13 kabupaten dan kota, di Ruang Anggrek DTPH, Jalan Kartini, Kota Palu, Rabu (22/6/2022).

Ia meminta, petugas proaktif memberikan informasi soal harga teraktual komoditi melalui saluran daring.

Baca Juga :   JESS Palu Optimistis Sukseskan Pendampingan KTH Dampelas-Tinombo

Kecepatan informasi, kata dia, dapat memberikan referensi petani mendapatkan harga terbaik atas hasil pertanian yang dijual.

“Karena berkaca selama ini, produk petani mau tidak mau harus dijual sebab produk pertanian itu produk yang tidak tahan lama. Petugas PIP hendaknya tahu nilai-nilai kebijakan, rumusan yang diharapkan membantu petani dalam hal memasarkan hasil tani,” tuturnya.

“Nilai dari pada informasi pasar sangat penting, karena mempengaruhi kesinambungan produksi, seperti volume produksi yang terjadi, Sulteng pada dasarnya selalu digalakkan bagaimana peningkatan produksi. Namun begitu produksi sudah tinggi, banyak sekali masalah yang muncul, yang berakibat tidak terserap dengan baik produksi karena harus bersaing dengan produk lain yang masuk,” ujarnya menambahkan.RHT

Baca Juga :   Perbaikan PJU dan Jalan di BTN Roviga Dikerjakan Tahun Depan

Komentar

News Feed