oleh

KAHMI-HMI Ajak Masyarakat Poso Tetap Bersatu

-Kab. Poso-dibaca 116 kali
SR Ads

SULTENG RAYA – Isu rekaman suara Bupati Poso, Verna Inkiriwang yang diduga melakukan penistaan agama hingga dilakukan aksi demo ditanggapi sejumlah pihak, salah satunya Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Kabupaten Poso.

KAHMI Poso menyebut siapapun warga jangan menyebar provokasi, apalagi jika informasi itu tidak benar dengan mengatasnamakan agama.

Ketua Bidang Organisasi KAHMI Poso, Hadi Toba mengatakan, pihak KAHMI maupun HMI tidak pernah mendelegasikan siapapun untuk melaksanakan aksi demo terkait informasi tidak benar dengan membawa atas nama masyarakat Poso atau membawa-bawa agama.

“Saya menghimbau kepada masyarakat Poso untuk tidak terprovokasi dengan pernyataan-pernyataan yang tidak jelas. Karena menilai pernyataan terkait dengan ucapan pelecehan agama justru sangat berpotensi dalam menimbulkan perpecahan yang selama ini telah terjalin erat di Poso,” katanya, Rabu (8/6/2022).

Baca Juga :   Jumat Berkah, Kodim 1307 Poso Serahkan Tali Asih Kepada Sejumlah Panti Asuhan

Menurut Hadi, sebagai bagian dari komponen masyarakat Poso tentunya merasa bertanggungjawab untuk mengawal dan menjaga kedamaian yang sudah tercipta, sehingga menolak ucapan dan pernyataan yang akan menimbulkan keresahan di masyarakat bahkan sampai menimbulkan konflik.

Sementara, Ketua Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Poso, Dimas Muhammad Fahri didampingi Sekretarisnya Arianto mengatakan, pihaknya melihat problem yang terjadi saat pelaksanaan aksi demo di kota Palu sudah sangat jelas bahwa pihak HMI tidak memberikan mandat kepada kader HMI atau pengurus HMI untuk ikut aksi demo.

Dimas Fahri menyampaikan, dari beberapa poin sudah sangat jelas bahwa HMI sangat menolak dan keberatan atas pernyataan pendemo dugaan penistaan agama.

Baca Juga :   Jumat Berkah, Kodim 1307 Poso Serahkan Tali Asih Kepada Sejumlah Panti Asuhan

HMI Poso juga mengimbau, kepada seluruh masyarakat Poso agar tidak terprovokasi dengan isu dugaan penistaan agama.

“Dalam sebuah hadits juga sangat jelas disebutkan, sesuatu yang hak tetapi bila tidak terorganisir dengan baik maka akan dikalahkan dengan sesuatu hal yang batil akan tetapi dia terorganisir dengan baik,” tegasnya. SYM

Komentar

News Feed