oleh

Manasik Haji di Masjid Agung An-Nur Luwuk Berakhir

-Kab. Banggai-dibaca 128 kali
SR Ads

SULTENG RAYA – Bupati Banggai, H. Amirudin Tamoreka didampingi Wakil Bupati (Wabup) Banggai menutup Manasik Haji Kabupaten Banggai 1443 H/2022 M yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama (Kemenag) setempat, di Masijd Agung An-Nur Luwuk, Senin (23/5/2022).

Tampak hadir dalam kegiatan itu, Kepala Kantor Kemenag Banggai, Drs. H. Abd. Muluk Lanonci, Kepala BSI Cabang Luwuk, Kabag Kesra Setda Banggai dan para Calon Haji Kabupaten Banggai sebanyak 105 orang dan mutasi dari Sulawesi Utara (Sulut) sebanyak 5 orang dan jumlah total 107 orang.

Dalam sambutannya, Bupati Banggai mengatakan, yang perlu dan wajib diajarkan kepada para calon haji dan haja adalah, rukun haji, wajib haji dan sunnah haji itu yang perlu disampaikan. 

Baca Juga :   HADIRI HARGANASI KE-29 DI LUWUK, Kaper Tenny Menobatkan Bupati Amiruddin Jadi Ayah GenRe

“Karena haji ini hanya wajib dilaksanakan satu kali dalam seumur hidup, yang lebihnya itu hanya terhitung sunnah,” kata Bupati.

Berdasarkan pengalaman-pengalaman pada saat pergi menunaikan ibadah haji lanjut Bupati, apabila bapak dan ibu telah menyetor semua uangnya, terus kemarin belum sempat dikeluarkan zakatnya, maka yang harus dilakukan adalah mengeluarkan zakatnya dari uang yang telah kita setorkan semuanya ke bank. 

“Supaya sehat kuat dan lancar perjalanannya dalam menunaikan ibadah haji nanti. Apabila bapak dan ibu sudah mau berangkat, jangan pernah mengingat-ingat yang ada disini lagi kepada anak-anak, istri dan suami, orang tua dan juga harta benda itu jangan pernah kita fikirkan lagi. Karena kita sudah berniat untuk haji maka semuanya harus kita lupakan dan tinggalkan di tempat ini hanya bisa kita titipkan kepada Allah SWT,” terang Bupati.

Baca Juga :   Bupati Banggai Rapat Penanganan Dampak Banjir di Desa Tuntung dan Pongian

Ditambahkannya, kita harus niatkan berangkat haji dan segala yang kita tinggalkan hanya kita titipkan kepada Allah SWT, supaya tidak menjadi pikiran kita di saat kita berangkat menunaikan ibadah haji.

“Rukun-rukun Haji itu adalah ihram, wukuf di padang arafah, tawwaf ifadhah, sa’i, tahallul dan juga penjelasan tentang wajib haji dan sunnah-sunnah haji,” jelas Bupati. */MAN

Komentar

News Feed