oleh

Pengetasan Kemiskinan, Kabappeda Arfan: Perlu Pemeratan Akses Kredit

-Ekonomi-dibaca 58 kali
SR Ads

SULTENG RAYA – Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Palu, Arfan, menyatakan, program pengentasan kemiskinan digaungkan seluruh pemerintah daerah di Sulawesi Tengah perlu melibatkan perluasan akses kredit pelaku usaha secara merata.

“Pemberian kredit adalah salah satu upaya pengentasan kemiskinan. Ternyata, hasil identifikasi kami, kita lebih banyak pada upaya-upaya pemberian kredit atau modal usaha saja, tetapi tidak memikirkan hasil produksinya UMKM,”kata Arfan dalam Rapat Pleno Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPKAD) di di Ruang Polibu, Kantor Gubernur, Jalan Sam Ratulangi, Kota Palu, Selasa (24/5/2022).

“Dari TPKAD, melalui kesempatan ini, saya mewakili Pemkot menyampaikan, mohon (TPKAD) difasilitasi kepada kita untuk mengakselerasi pasar yang ternyata sangat terbuka dengan grand design yang harus kita buat,” ujarnya menambahkan.

Baca Juga :   Alfamidi-Yayasan Mizan Amanah Sunatan Massal

Ia mebeberkan data kemiskinan telah dilakukan identifikasi di Kota Palu. Menurutnya, warga miskin di Kota Palu sebanyak 28.000 orang atau 6,4 persen via data Badan Pusat Statistik (BPS).

Dari perluasan akses kredit, seharusnya ada solusi untuk mengurangi tingkat kemiskinan yang ternyata didominasi masyarakat petani dan peternak di Kota Palu.

Kata dia, kalau akses kredit disalurkan secara merata termasuk di dua sektor itu dan penyalur dalam hal ini perbankan dapat melakukan pendampingan dan penjualan produk, niscaya akan ada harapan untuk menurunkan persentase tingkat kemiskanan, sehingga akses kredit benar-benar memiliki manfaat nyata untuk peningkatan taraf hidup pelaku usaha. RHT

Komentar

News Feed