oleh

326 CJH Palu Ikut Bimbingan Manasik Haji

-Kota Palu-dibaca 108 kali
SR Ads

SULTENG RAYA – Kementerian Agama (Kemenag) Kota Palu melalui Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) menyelenggarakan bimbingan manasik haji tingkat kota Palu di Asrama Haji Transit Palu, Senin (23/5/2022).

Kemenag Palu mencatat, terdapat 326 calon jemaah haji (CJH) hadir mengikuti bimbingan tersebu.

Kepal Seksi (Kasi) PHU Kemenag Kota Palu, M Talib, mengungkapkan, bimbingan manasik haji kepada CJH merupakan salah satu tanggung jawab seksi PHU. Pada kegiatan dengan waktu singkat tersebut, pada CJH diberi pembekalan ilmu.

Harapannya, setelah mengikuti manasik, CJH Kota Palu dapat menguasai rukun, wajib, sunnah dan larangan dalam melaksanakan ibadah haji. Sebab, kata dia, dengan menguasai rukun, wajib dan sunnah serta larangan dalam ibadah haji tersebut, maka pelaksanaan ibadah haji dapat berjalan baik dan lancar.

Baca Juga :   PT Kuatkan Putusan PN, Dharma Gunawan Kasasi

“Mudah-mudahan setelah pelaksanaan manasik haji, jemaah haji Kota Palu tidak mengalami kesulitan saat pemberangkatan, saat di Arab Saudi, serta kembali lagi ke Indonesia dengan predikat haji yang mabrur,” kata Kasi M Talib.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag (Kakankemenag) Kota Palu, Nasruddin L Midu, menyampaikan, keberangkatan jemaah haji merupakan agenda kerja Nasional yang memerlukan dukungan semua pihak.

“Kami mengharapkan agar mempersiapkan dengan matang, sehingga dapat berjalan sukses. Selain itu penting untuk memastikan kesiapan jemaah haji yang baik secara fisik maupun kelengkapan seluruh dokumennya,” kata Kakankemenag Nasruddin.

Menurutnya, kemampuan menjadi syarat mutlak bagi setiap CJH, meliputi kemampuan fisik, materi dan berbagai dimensi kemampuan lainnya.

Baca Juga :   Masjid Al-Hijrah Desa Salua Mulai Dibangun

“Dimensi kemampuan yang tak kalah pentingnya adalah kemampuan keilmuan. Artinya, memiliki pemahaman tentang syariat atau fiqh ibadah haji,” ucapnya.

Ia menegaskan, bimbingan dalam manasik haji seharusnya bukan hanya sekadar bagaimana membaca doa baik dan benar, tetapi lebih menekankan implementasi pelaksanaan ibadah haji.

“Kegiatan ini merupakan peran strategis para pembimbing haji, karena ini terkait pada pencapaian seluruh jemaah menuju kepada ibadah haji yang mabrur, oleh karena itu perbaiki dan luruskan niat memenuhi panggilan Allah untuk mencapai keridhaan-Nya” tuturnya.HGA

Komentar

News Feed