oleh

Operasi Gempur, Bea Cukai Pantoloan Amankan 139.800 Batang Rokok Ilegal

-Kota Palu-dibaca 180 kali
SR Ads

SULTENG RAYA – Bea Cukai Pantoloan saat ini melaksanakan program Operasi Gempur Barang Kena Cukai (BKC) Ilegal.

Selama menjalankan program tersebut, Bea Cukai Pantoloan berhasil mengamankan peredaran rokok ilegal dengan modus rokok polos atau tanpa dilekati pita cukai di Kabupaten Parigi Moutong, Rabu, (18/5/2022).

Turut diamankan dalam penindakan tersebut, yakni satu unit mobil Daihatsu Xenia digunakan memuat rokok ilegal sebanyak tujuh karton atau sebanyak 139.800 batang.

Perkiraan nilai barang ditegah sebesar Rp159,372 juta dengan total potensi kerugian negara sebesar Rp83,8 juta.

Bersama barang bukti, turut diamankan seorang laki-laki berinisial S, yang berperan sebagai aktor intelektual dalam mengedarkan rokok ilegal itu. Terhadap barang bukti itu selanjutnya dilakukan penyidikan untuk mendalami perkara.

Baca Juga :   Perbaikan PJU dan Jalan di BTN Roviga Dikerjakan Tahun Depan

“Perbuatan mengedarkan rokok polos termasuk dalam perbuatan pidana dan hal itu tentunya sangat membahayakan baik dari sisi kesehatan masyarakat maupun penerimaan negara. Oleh karena itu, kami tak akan mentolerir sedikitpun perbuatan melanggar hukum yang terjadi di wilayah pengawasan kami,” ujar Plt. Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan, Muhammad Amaluddin, dalam keterangan tertulis yang diterima Sulteng Raya, Senin (23/5/2022).

Penindakan itu kembali menunjukkan komitmen Bea Cukai Pantoloan untuk terus #JagaIndonesiaKita dari peredaran barang ilegal, khususnya di wilayah Sulawesi Tengah.

Operasi Gempur yang dilaksanakan oleh Bea Cukai Pantoloan juga dilakukan dengan menjalin sinergi bersama Aparat Penegak Hukum (APH) terkait untuk meningkatkan intensitas maupun efektivitas pengawasan dan memberikan efek jera kepada para pelaku agar tidak mengulangi lagi perbuatan melawan hukum tersebut. */RHT

Baca Juga :   Wawali Palu Dorong IMM Bersinergi Sukseskan Program Pemkot Palu

Komentar

News Feed