oleh

DINKOP UMKM KUMPERINDAG POSO, Tingkatkan Kemampuan Pengusaha Kecil

-Kab. Poso-dibaca 865 kali

SULTENG POST– Kepala Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan (Kumperindag) Poso Rusnah Mangun menegaskan agar jika ingin meraih sukses dalam berusaha, maka setiap pelaku usaha harus berani punya mimpi untuk memajukan usahanya.

“Dengan punya impian maka kita sudah memiliki target dan kemauan untuk maju. Mimpi ini akan memacu kita untuk bekerja lebih keras dan sungguh sungguh agar usaha yang kita geluti dapat terus berkembang dimasa datang,” demikian disampaikan Rusnah Mangun di hadapan puluhan ibu-ibu pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) saat mengikuti pelatihan kapasitas entrepreneur di kabupaten daerah tertinggal yang digelar di sebuah hotel Poso, Selasa (26/8).

Kegiatan pelatihan yang digelar selama dua hari itu, merupakan kerjasama Pemkab Poso dengan Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal (KPDT) Deputi Bidang Pembinaan Ekonomi dan Dunia Usaha yang dihadiri Kepala Bidang Usaha Kecil Asisten Deputi Urusan UMKM KPDT RI, Mansyur Tiro.

Baca Juga :   Pelaku Pembunuhan Anak Nugi Ditangkap Polisi

Selain memiliki mimpi untuk memajukan usahanya, Rusnah juga menegaskan agar pelaku usaha rumah tangga yang mayoritas terdiri dari kaum ibu itu untuk menciptakan berbagai kreasi menarik agar jenis usaha yang digeluti bisa bersaing di pasaran.

“Ciptakan kreativitas agar usaha kita punya daya saing. Bisa kreasi dari kemasannya agar memiliki daya tarik tersendiri bagi pembeli,” katanya.

Pelatihan entrepreneur kali ini diikuti oleh 40 ibu-ibu yang berasal dari empat kecamatan, Pamona Utara, Pamona Puselemba dan Poso Kota bersaudara. Umumnya para ibu yang hadir memiliki usaha makanan olahan rumah tangga serta kerajinan tangan.

Pelatihan entrepreneur UKM di daerah tertinggal oleh Kementerian PDT RI di Poso menghadirkan delapan orang tim dari Bidang Usaha Kecil Asdep UKM Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) yang dipimpin Kepala Bidang Usaha Kecil Asdep UKM, Mansyur Tiro.

Baca Juga :   Pelaku Pembunuhan Anak Nugi Ditangkap Polisi

Dalam materinya, Mansyur Tiro juga memotivasi para ibu untuk bisa menjadi pengusaha kecil rumah tangga yang sukses.

“Banyak pengusaha sukses di Indonesia yang awalnya memulai usahanya dari industri rumah tangga dan kemudian menjadi besar dan sukses bahkan terkenal hingga ke manca negara. Asalkan kita mau sungguh-sungguh mengelola usaha tersebut,” kata Mansyur.

Usai mengikuti pelatihan, Mansyur mengatakan, KPDT akan memberikan bantuan kepada empat kelompok usaha di Poso melalui Pusekdes (pusat usaha ekonomi kewirausahaan desa) yang dibentuk dan dikelola oleh masyarakat sendiri.

Bentuk bantuan yang akan dikucurkan tahun 2014 ini merupakan dana segar bagi pengembangan usaha berjumlah Rp100 juta per kelompok.

“Setelah dilatih, maka akan dibentuk kelembagaan, pendampingan, bantuan modal, bantuan sistem informasi berupa perangkat komputer (SIEK) dan pelatihan training of trainer bagi pengurus. Kita ingin agar bantuan yang diberikan bisa bermanfaat dalam pengembangan usaha masyarakat,” tegas Mansyur. SYAM

Komentar

News Feed