oleh

REI Persiapkan Dua Agenda Akbar di 2023

-Kota Palu-dibaca 63 kali
SR Ads

SULTENG RAYA – Ketua Realestat Indoensia (REI) Sulawesi Tengah, Muhammad Rizal membeberkan dua agenda akbar REI di 2023.

“Itu adalah HUT ke-51 dan Munas XVII,” kata Rizal kepada Sulteng Raya, Ahad (22/5/2022).

Sebelumnya, Rapat Koordinasi DPP-DPD REI seluruh Indonesia menunjuk Sumatera Utara sebagai tuan rumah penyelenggaraan Hari Ulang Tahun ke-51 REI pada 2023 mendatang.

Selain peringatan HUT ke-51, tahun depan juga ada agenda akbar REI, yaitu Musyawarah Nasional (Munas) REI XVII.

“Tahun depan ada dua agenda akbar dalam kalender organisasi REI, yakni pelaksanaan HUT ke-51 dan Munas REI XVII. Mengingat keduanya adalah agenda yang sangat penting, maka pelaksanaannya sebaiknya tidak dalam waktu yang berdekatan. Hal ini supaya persiapan masing-masing kegiatan bisa lebih optimal,” ucap Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (DPP REI), Paulus Totok Lusida, dalam Rapat Koordinasi DPP-DPD REI, di Ballroom Hotel Royal Ambarrukmo Yogyakarta, Kamis, (19/5/2022).

Totok mengatakan, HUT ke-51 REI akan diselenggarakan di awal tahun 2023. Sedangkan Munas XVII pada akhir tahun 2023 mendatang. Pelaksanaan Munas XVII di tahun 2023 ini juga menindaklanjuti hasil Musyawarah Paripurna Pengurus (MPP) yang dihadiri DPP REI dan DPD REI se-Indonesia, di Jakarta, pada 10 Maret 2021 lalu.

Baca Juga :   MAN IC Palu Adakan Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar

“Kedua agenda ini sangat penting untuk REI. Pelaksanaannya harus dalam rentang waktu yang tidak berdekatan supaya persiapannya bisa lebih matang. Kawan-kawan dari DPD REI se-Indonesia dalam rapat koordinasi tadi juga mendukung kedua hal ini,” kata Totok.

Sebelum pemberlakuan pembatasan aktivitas masyarakat, berturut-turut sebagai tuan rumah penyelenggaraan HUT REI adalah, Bali (tahun 2017), Bangka Belitung (tahun 2018), dan Jawa Timur (tahun 2019). REI tidak merayakan HUT ke-48 secara massal karena adanya pembatasan aktivitas masyarakat. Sedangkan tahun 2021 lalu, sedianya DKI Jakarta yang menjadi tuan rumah. Namun, akhirnya terpaksa batal karena pertimbangan demi menjaga kesehatan masyarakat.

Sebelum Sumatera Utara resmi menjadi tuan rumah HUT REI, Dewan Pengurus Daerah (DPD) REI Riau juga menyatakan kesediaannya sebagai penyelenggara HUT REI ke-51.

Baca Juga :   JESS Palu Optimistis Sukseskan Pendampingan KTH Dampelas-Tinombo

“Kami mencalonkan untuk menjadi tuan rumah HUT REI ke-51 karena beberapa alasan. Pertama, Pemerintah Provinsi Riau mendukung kami untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan kegiatan REI yang berskala nasional. Kedua, Riau belum pernah menjadi tuan rumah acara-acara REI yang berskala nasional,” tutur Sekretaris REI Riau, Ari Prama Citra.

Namun, DPD REI Sumatera Utara bergeming dari keinginannya menjadi tuan rumah HUT REI di tahun depan. “Sumatera Utara seratus persen siap menjadi tuan rumah HUT REI yang akan datang. Dalam rangkaian perayaan HUT REI di tahun depan, kami akan melibatkan berbagai pihak terkait. Salah satunya dengan melibatkan Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) sebagai pemangku kepentingan di sektor pariwisata di Sumatera Utara,” ucap Ketua DPD REI Sumatera Utara, Andi Atmoko Panggabean.

Moko sapaan karib Ketua REI Sumut menegaskan, dia memahami bahwa menjadi tuan rumah ajang skala nasional seperti HUT REI butuh persiapan matang. Untuk itu, Moko sependapat bahwa peringatan HUT REI ke-51 memang sebaiknya tidak berdekatan dengan agenda Munas XVII.

Baca Juga :   Perbaikan PJU dan Jalan di BTN Roviga Dikerjakan Tahun Depan

Direktur Industri Pariwisata dan Kelembagaan Kepariwisataan BPODT Raja Malem Ukur Tarigan menyatakan, pihaknya tidak akan menyia-nyiakan kesempatan promosi potensi parwisata Danau Toba di depan keluarga besar REI. “Kami tentu akan mendukung sepenuhnya pelaksanaan HUT REI di Sumatera Utara. BPODT akan mempresentasikan potensi industri pariwisata dan industri pendukungnya di Danau Toba. Pemerintah sudah menetapkan Danau Toba sebagai salah satu destinasi super prioritas di Indonesia,” ucap Raja.

Melihat keseriusan REI Sumatera Utara, akhirnya seluruh DPD REI bersepakat untuk menunjuk Sumatera Utara sebagai destinasi perayaan HUT REI berikutnya. “Kami memahami bahwa pilihan objek wisata di Riau belum sebanyak destinasi pariwisata yang ada di Provinsi Sumatera Utara. Untuk itu, kami persilakan REI Sumatera Utara sebagai tuan rumah peringatan HUT REI tahun depan,” ucap Ketua REI Riau, Elvi Syofriadi, yang disambut tepuk tangan peserta Rapat Koordinasi DPP-DPD. */RHT

Komentar

News Feed