oleh

PANDEMI BELUM BERAKHIR, BPJamsostek Pastikan Pekerja WFH Tetap Dilindungi

-Kota Palu-dibaca 52 kali
SR Ads

SULTENG RAYA – Pandemi Covid-19 belum berakhir. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS Ketenagakerjaan) kini dipanggil BPJamsostek memastikan pekerja yang bekerja dari rumah alias work from home (WFH) tetap dilindungi BPJamsostek.

Kepala Kantor Cabang BPJamsostek Sulawesi Tengah, Raden Harry Agung Cahya, membenarkan hal tersebut. Ia mengatakan, perlindungan terhadap pekerja peserta aktif yang WFH tersebut merupakan kebijakan yang diberlakukan selama pandemi Covid-19 belum berakhir.

“Perlindungan bagi pekerja peserta aktif BPJamsostek yang WFH telah berlaku sejak Pemerintah mengumumkan status pandemi Covid-19 di Indonesia. Di masa pandemi ini, tidak hanya pekerja yang bekerja di kantor (Work at Office) yang kami lindungi, melainkan semua pekerja yang bekerja dari rumah pun atau Work From Home tetap terlindungi program BPJamsostek,” kata Kakacab Raden Harry, Kamis (19/5/2022).

Menurutnya, selama pandemi Covid-19, sudah pernah terjadi peserta aktif BPJamsostek meninggal dunia saat WFH. Salah satunya, PT Datang DSSP Power Indonesia, Chen Hong, meninggal dunia saat sedang mengikuti rapat secara virtual.

Baca Juga :   BPOM di Palu Sinergi Pemkab Buol Galakkan Keamanan Pangan

“Terhadap kejadian dialami bapak Direktur PT Datang DSSP Power Indonesia, Chen Hong, termasuk kategori kecelakaan kerja, sehingga ahli warinsya berhak mendapatkan manfaat yang terdiri dari santunan meninggal dunia sebesar 48 kali upah yang dilaporkan, biaya pemakaman, santunan berkala selama 24 bulan yang dibayarkan secara lumpsum, serta beasiswa bagi 2 orang anak maksimal sebesar Rp174 juta. Selain itu secara otomatis, saldo Jaminan Hari Tua (JHT) yang dimiliki oleh peserta juga turut dibayarkan,” ungkap Kakcab Raden Harry.

Ia berharap, bagi pekerja di seluruh Sulteng, baik penerima upah (PU) maupun bukan penerima upah (BPU) dapat melindungi risiko kerja dengan ikut dalam program BPJamsostek.

“Risiko tidak tahu kapan terjadi, disitulah pentingnya melindungi diri dari risiko tersebut, saya berharap kejadian ini dapat memacu kami untuk terus mengedukasi dan mensosialisasikan kepada seluruh pekerja dan pemberi kerja akan peningnya jaminan sosial ketenagakerjaan,” katanya.

Baca Juga :   Pemerintah Kelurahan Losel Manfaatkan Sudut Jalan Jadi Standing Flower

Sebagai informasi tambahan, penyerahan manfaat BPJamsostek kepada ahli waris Chen Hong secara simbolis telah dilaksanakan oleh Direktur Pelayanan BPJamsostek, Roswita Nilakurnia pada  Senin (24/4/2022) bulan lalu.

“Saya atas nama pribadi dan manajemen BPJamsostek mengucapkan duka cita atas meninggalnya Bapak Chen Hong. Hari ini (Senin, 24 April 2022), kami secara simbolis menyerahkan manfaat bagi ahli waris yang diwakili oleh pihak perusahaan. Ini merupakan bukti hadirnya Negara melalui BPJamsostek untuk melindungi seluruh pekerja dan keluarganya, termasuk para Warga Negara Asing (WNA) yang bekerja di Indonesia. Kami juga mengapresiasi langkah manajemen PT Datang DSSP Power Indonesia yang telah patuh untuk mendaftarkan seluruh pekerjanya menjadi peserta BPJAMSOSTEK,” kata Roswita Nilakurnia.

Ia mengimbau kepada seluruh pekerja, baik WNI maupun WNA yang bekerja di Indonesia memastikan dirinya terdaftar sebagai peserta BPJamsostek agar terlidungi dari risiko saat menjalani pekerjaannya di Indonesia.

“Melalui kejadian ini, tentunya kita dapat mengambil pelajaran bahwa risiko dapat terjadi kapan saja dan dimana saja, oleh karena itu saya mengajak untuk memastikan diri kita terlindungi program jaminan sosial ketenagakerjaan dari BPJamsostek,” ucapnya.

Baca Juga :   Ikut UKW, Sebanyak 18 Anggota PWI Sulteng Dinyatakan Kompeten

Sementara itu, istri dari mendiang Chen Hong yang turut hadir secara daring dalam kegiatan tersebut, mengucapkan terima kasih kepada BPJamsostek karena seluruh manfaat diberikan tersebut dapat dimanfaatkan melanjutkan kehidupan dan membiayai pendidikan anaknya.

Pada kesempatan sama, Presiden Direktur PT Datang DSSP Power Indonesia, Shi Wengang didampingi Lokita Prasetya selaku Wakil Presiden Direktur PT Datang DSSP Power Indonesia mengapresiasi pelayanan diberikan BPJamsostek.

Meski di tengah kondisi pandemi, BPJamsostek mampu memberikan pelayanan sangat profesional dan respon cepat.

“Semoga perlindungan yang diberikan oleh BPJamsostek diantaranya Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Hari Tua dapat terus terlaksana dengan baik dan berkelanjutan, baik bagi Warga Negara Indonesia maupun Warga Negara Asing yang bekerja di Indonesia,” ucapnya. HGA

Komentar

News Feed