oleh

Mei-Juni, BPS Palu Laksanakan Sensus Penduduk Lanjutan

-Kota Palu-dibaca 62 kali
SR Ads

SULTENG RAYA – Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Palu kembali melaksanakan Sensus Penduduk  2020 lanjutan mulai 15 Mei 2022 hingga 30 Juni 2022 mendatang.

“Kalau pada tahun 2022 lalu adalah sensus pendataan lengkap seluruh penduduk, nah kini selanjutnya ada namanya pendataan secara mendalam, yakni sensus sampel atau disebut Sensus Penduduk  2020 Lanjutan, sensus ini adalah lanjutan dari tahun 2020 yang lalu,” kata Kepala BPS Kota Palu, G A Nasser, Jumat (20/5/2022).

Ia menjelaskan, karena disebut sensus sampel atau Sensus Penduduk  2020 Lanjutan, maka pencacahannya tidak dilakukan secara menyeluruh seperti pada 2020 lalu, tetapi hanya sebagian saja atau sampel.

“Selama kurun waktu satu bulan setengah ini, ada dua hal yang dilakukan yakni pertama pada 15-30 Mei 2022 melakukan pemutakhiran data kedua, 1-30 Juni 2022 pencacahan sampel terpilih,” ucapnya.

Baca Juga :   Kesadaran Masyarakat Soal Bahaya Narkoba Harus Terus Dipupuk

Demi pemutakhiran data, bagi blog sensus terpilih petugas sensus akan mengecek kembali penduduknya, apakah penduduk yang terdata masih ada atau sudah pindah dan sebagainya.

“Jadi dalam pemutakhiran data, kami mencatat perubahannya apakah ada penduduk yang sudah pindah, sudah meninggal atau ada ketambahan, seperti anak yang baru saja dilahirkan. Nah, pemutakhiran ini kita akan memilih sampel 16 rumah tangga perblog sensus, jadi itulah yang akan di dalami lagi misalnya tentang kelahiran, kematian, kesehatan hingga perumahan” jelasnya.

Nasser mengungkapkan, nantinya pertanyaan kepada masyarakat akan sedikit panjang atau cukup banyak, sehingga dari data yang didalami untuk responden terbatas tersebut, yakni 16 rumah tangga per blog.

Baca Juga :   Wawali Palu Dorong IMM Bersinergi Sukseskan Program Pemkot Palu

“Kita dapatkan untuk mengukur parameter demografi, seperti angka kelahiran, angka kematian, angka migrasi maupun tingkat kesehatan. Sebagai informasi tambahan di Kota Palu kami melibatkan 139 petugas, nah untuk jumlah blog sensus sebanyak 471 blog, setiap satu blog sensus akan dipilih sampel sebanyak 16 rumah tangga,” kata Nasser.ULU

Komentar

News Feed