oleh

Pemda Parmout Raih Opini WTP Empat Tahun Berturut-Turut

SR Ads

SULTENG RAYA – Pemerintah Daerah (Pemda) Parigi Moutong (Parmout) kembali meraih  opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan pengelolaan keuangan tahun 2021 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng).

Hasil penilaian tersebut, diserahkan oleh Kepala  BPK Perwakilan Sulawesi Tengah, Slamet Riyadi kepada Wakil Bupati Parmout, Badrun Nggai, di gedung Balai pertemuan BPK Perwakilan Sulawesi Tengah di Palu, Selasa (17/5/2022). 

Wakil Bupati Parmout, Badrun Nggai mengatakan, opini WTP yang diraih Pemda Parmout tersebut merupakan yang keempat kalinya secara berturut-turut dari tahun 2018, 2019, 2000 dan tahun 2021.

“Ini merupakan prestasi yang sangat membanggakan, sebab empat tahun berturut-turut kita meraih penilaian WTP dan ini terus kita pertahankan,” ujarnya.

Baca Juga :   Raperda Pembentukan dan Pengelolaan LPPRL Dikembalikan ke Pemda Parmout

Mewakili Pemda Parmout, Badrun Nggai mengucapka, terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh stakeholder yang telah bekerja keras dengan penuh semangat dalam menyiapkan pengelolaan keuangan daerah.

Sementara, Kepala BPK Perwakilan Sulawesi Tengah, Slamet Riyadi mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih kepada Bupati dan Wakil Bupati Parmout beserta jajarannya dan pimpinan dan bersaman anggota DPRD Parmout  atas kerjasamanya dalam rangka penyelesaian pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD), sehingga Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) LKPD dapat diselesaikan secara tepat waktu sesuai amanat undang-undang.

“Perlu kami sampaikan bahwa pemeriksaan atas laporan keuangan bertujuan untuk memberikan opini tentang kewajaran penyajian laporan keuangan. Opini merupakan pernyataan profesional pemeriksa mengenai kewajaran informasi yang disajikan dalam laporan keuangan,” jelasnya.

Baca Juga :   Raperda Pembentukan dan Pengelolaan LPPRL Dikembalikan ke Pemda Parmout

“Laporan keuangan bukan merupakan jaminan tidak adanya fraud yang ditemui di kemudian hari. Hal ini perlu kami sampaikan, mengingat masih banyak terjadi kesalahpahaman oleh sebagian kalangan mengenai makna Opini BPK,” tambahnya.

Lebih lanjut Slamet Riyadi menambahkan, berdasarkan hasil pemeriksaan, LKPD Pemda Parmout tahun 2021 telah sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP). Untuk itu, BPK memberikan opini WTP atas laporan keuangan Tahun 2021.

“Atas pencapaian opini tersebut, kami mengucapkan selamat, semoga dapat dipertahankan untuk penyajian laporan keuangan tahun-tahun berikutnya,” ucapnya. */AJI

Komentar

News Feed